Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yayasan Teroris Jamaah Islamiah LAZ ABA Punya 13 Cabang di Indonesia, Ribuan Kotak Amal Disita

Densus 88 Antiteror Polri menyampaikan Lembaga Amil Zakat Abdurrohman bin Auf (LAZ ABA) yang terafiliasi dengan organisasi teroris Jamaah Islamiah (JI

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Yayasan Teroris Jamaah Islamiah LAZ ABA Punya 13 Cabang di Indonesia, Ribuan Kotak Amal Disita
TRIBUN LAMPUNG/TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA
PENGGELEDAHAN DENSUS 88 - Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan penggeledahan di sebuah rumah di Gang Mahoni 1, Nomor 9, Way Halim Permai, Way Halim, Bandar Lampung, Rabu (3/11/2021). Penggeledahan tersebut dilakukan lantaran diduga menjadi gudang atau tempat penyimpanan barang barang milik salah satu terduga teroris yang diamankan beberapa hari lalu dan ditemukan sejumlah barang berupa ratusan kotak amal bertuliskan LAZ ABA, serta 5 unit CPU komputer yang diduga ada kaitannya dengan sumber pendanaan yang untuk kepentingan salah satu kelompok atau jaringan teroris. TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Densus 88 Antiteror Polri menyampaikan Lembaga Amil Zakat Abdurrohman bin Auf (LAZ ABA) yang terafiliasi dengan organisasi teroris Jamaah Islamiah (JI) memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia.

Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar menyebutkan total ada 13 cabang LAZ ABA di berbagai provinsi di Indonesia.

"Pasca dilakukan penegakan hukum terhadap para pengurus LAZ ABA diketahui bahwa lembaga tersebut memiliki 13 cabang di berbagai provinsi di Indonesia, salah satu di antaranya provinsi Lampung," kata Aswin saat dikonfirmasi, Sabtu (6/11/2021).

Ia menyampaikan pihaknya telah menangkap sejumlah pengurus LAZ ABA.

Mereka juga menyita ribuan kotak amal yang diduga dipakai untuk menggalang dana dari masyarakat.

"Pada penangkapan beberapa pengurus ABA di DKI, Lampung, Sumut dan lainnya, Polri mendapat kan ribuan kotak amal yang digunakan LAZ ABA dalam mencari dana," tukas dia.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad. 3 Terduga Teroris Diamankan Densus 88 Punya Banyak Aset di Wilayah Lampung
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad. 3 Terduga Teroris Diamankan Densus 88 Punya Banyak Aset di Wilayah Lampung (Tribunlampung.co.id/Joviter)

Sebagai informasi, Tim Densus 88 Antiteror Polri telah menangkap 7 anggota teroris Jamaah Islamiah (JI) di Lampung sejak Minggu (31/10/2021) lalu.

BERITA REKOMENDASI

Pada Minggu (31/10/2021) dan Senin (1/11/2021) lalu, Densus 88 menangkap dua tersangka teroris JI berinisial Ir S (61) dan S (59) di sekitar Lampung.

Baca juga: Densus Sebut Yayasan Penghimpun Dana Teroris JI Sengaja Punya Izin Resmi Agar Dipercaya Masyarakat

S (61) merupakan Ketua Lembaga Amil Zakat Abdurrohman Bin Auf (LAZ-ABA) yang adalah yayasan yang terafiliasi dengan teroris JI. Sementara itu, S (59) bertugas sebagai Bendahara LAZ ABA.

Kemudian pada Selasa (2/11/2021), Densus 88 Antiteror Polri kembali menangkap anggota teroris Jamaah Islamiah (JI) berinisial DRS (47) di wilayah Lampung. Dia diketahui berprofesi sebagai kepala sekolah di daerah Pesawaran.

Dalam kasus ini, DRS diduga menjabat sekretaris Lembaga Amil Zakat Abdurrohman Bin Auf (LAZ-ABA) yang terafiliasi dengan teroris JI.

Setelah itu pada Jumat (5/11/2021) pagi, Densus 88 menangkap pengajar pondok pesantren Al Muksin Metro berinisial NA (42) di Lampung. Dia ditangkap karena diduga terafiliasi dengan teroris Jamaah Islamiah (JI).

Selain NA, Densus 88 juga menangkap tiga tersangka teroris lain berinisial S (47), F (37), dan AA (42). Ketiganya merupakan pekerja swasta yang tergabung dalam teroris Jamaah Islamiah.

Adapun S ditangkap di sekitar Karang Anyar, Klaten, Penengahan, Lampung Selatan. Sementara itu, F dan AA ditangkap di sekitar Purwosari, Metro Utara, Kodya Metro, Lampung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas