Tribun

Virus Corona

Bocoran Aturan PPKM Level 3 yang Bakal Diterapkan Serentak di Indonesia

Berikut ini bocoran aturan PPKM Level 3 yang akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia. 

Penulis: Daryono
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Bocoran Aturan PPKM Level 3 yang Bakal Diterapkan Serentak di Indonesia
Tribun Jabar/GANI KURNIAWAN
Petugas memeriksa pengendara saat penyekatan pemberlakuan ganjil genap di Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Pemberlakuan ganjil genap ini diterapkan di lima gerbang tol masuk Kota Bandung, yakni gerbang tol Pasteur, Kopo, Pasirkoja, Mohammad Toha, dan Buahbatu, berlaku hanya saat akhir pekan saja, yakni Jumat, Sabtu dan Minggu dari pukul 06.00 - 21.00 WIB. Penerapan ganjil genap bertujuan untuk mengontrol mobilitas di Kota Bandung yang saat ini berstatus PPKM level 3. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini bocoran aturan PPKM Level 3 yang akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia. 

Pemerintah akan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh Indonesia mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Penerapan PPKM Level 3 tersebut sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 selama libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Selama libur Nataru, seluruh Indonesia akan diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM Level 3," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Antisipasi Potensi Peningkatan Kasus Covid-19 Pada Libur Nataru, secara daring, pada Rabu (17/11), dikutip dari KompasTV. 

Baca juga: Perketat Libur Nataru, Pemerintah Akan Terapkan PPKM Level 3 di Seluruh Indonesia Mulai 24 Desember

Dengan pemberlakukan PPKM Level 3 secara serentak tersebut, nantinya daerah yang berstatus Levei 1 maupun 2 akan dinaikan menjadi Level 3.

"Sehingga ada keseragaman secara nasional. Sudah ada kesepakatan, aturan yang berlaku di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali nanti akan diseragamkan," ujarnya. 

Hingga berita ini ditulis, belum ada aturan rinci terkait PPKM Level 3 nanti.

Aturan rinci PPKM Level 3 tersebut akan dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang akan diterbitkan paling lambat 22 November 2021. 

"Inmedagri Ini sebagai pedoman pelaksanaan pengendalian penanganan Covid-19 selama masa libur Natal dan Tahun Baru yang akan ditetapkan selambat-lambatnya pada tanggal 22 November 2021," ujar Muhadjir. 

Meski demikian, Muhadjir mengungkapkan sejumlah bocoran terkait aturan PPKM Level 3.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas