Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendikbudristek: Kampus Harus Bangun Ruang Diskusi dan Ruang Dialektikal

Nizam mengatakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, merupakan salah satu terobosan baru untuk masa depan lulusan perguruan tinggi

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kemendikbudristek: Kampus Harus Bangun Ruang Diskusi dan Ruang Dialektikal
Ist
Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam, menceritakan latar belakang diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam mengatakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, merupakan salah satu terobosan baru untuk masa depan lulusan perguruan tinggi.

Dirinya mengatakan bahwa saat ini perguruan tinggi kita sedang menyiapkan SDM unggul, kreatif, produktif dan berakhlak mulia.

Nizam menilai perguruan tinggi harus mempunyai tiga hal yang penting yaitu kualitas, relevansi, dan atraktif.




"Dengan kualitas ini sangat penting, karena bila kita tidak menjaga kualitas maka kepercayaan masyarakat terhadap perguruan tinggi akan luntur dan akan ditinggalkan, perguruan tinggi agar berkualitas yaitu tata kelolanya harus profesional," ujar Nizam melalui keterangan tertulis, Senin (22/11/2021).

Dalam hal relevansi, Nizam menjelaskan jangan sampai dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi jauh dari kebutuhan di masyarakat.

Baca juga: Mendikbudristek Ajak Diskusi Mahasiswa Peserta Program Kampus Merdeka

Relevansi pendidikan tinggi, menurut Nizam, sangat penting dijaga, agar perguruan tinggi tetap dibutuhkan oleh masyarakat.

"Relevansi artinya kampus merdeka, bagaimana kita bawa profesional, pelaku dunia usaha kedalam kelas, petani-petani modern kita bawa kedalam kelas, kita bawa kelas menjadi problem best learning dan project best learning," ucap Nizam.

BERITA TERKAIT

Sedangkan terkait kampus atraktif, Ia menekankan bahwa saat ini yang diharapkan mahasiswa adalah ruang diskusi.

Serta interaksi, membangun ruang dialektikal, berinteraksi antar mahasiswa dan dosen, menjadikan kampus yang dinamis.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas