Tribun

Antisipasi La Nina, KSAL Perintahkan Jajarannya Siapkan Sarana Prasarana SAR Hingga Sembako

Yudo mengatakan telah memerintahkan seluruh jajaran TNI AL untuk mengantisipasi fenomena cuaca ekstrem La Nina.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Antisipasi La Nina, KSAL Perintahkan Jajarannya Siapkan Sarana Prasarana SAR Hingga Sembako
Dokumentasi Dinas Penerangan Angkatan Laut
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan telah memerintahkan seluruh jajaran TNI AL untuk mengantisipasi fenomena cuaca ekstrem La Nina.

Ia mengatakan juga telah memerintahkan seluruh jajaran TNI AL menyiapkan sarana dan prasarana Search and Resque (SAR), sembako apabila dibutuhkan, hingga kantong-kantong perbekalan.

Hal tersebut disampaikannya usai menutup KASAL CUP Olahraga Perairan Tahun 2021 di Pantai Festival Ancol Jakarta Timur pada Minggu (28/11/2021).

"Saya sudah sampaikan kepada jajaran untuk ya termasuk tadi SAR evakuasi baik yang di laut maupun yang di darat sudah kita tekankan kepada seluruh jajaran," kata Yudo.

Baca juga: KSAL Tekankan Konsep Operational Ready Force Juga Kesiapan Operasional Alutsista

Diberitakan sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut perkembangan terkini fenomena La Nina mulai mendekati wilayah Indonesia.

Saat ini fenomena cuaca tersebut terpantau pada level moderat atau sedang.

"Saat ini update terkini sudah berada mendekati moderate sedang, relatif. Kalau sudah sedang seperti ini kembali kita belajar seperti tahun lalu. Tahun lalu juga sama ada fenomena La Nina," kata Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko dalam diskusi daring Polemik Trijaya bertajuk 'Indonesia Siaga Bencana', Sabtu (6/11/2021).

Hal yang membedakan dibanding tahun lalu ialah terkait deteksi La Nina menuju Indonesia.

Jika tahun lalu BMKG sudah bisa memprediksi La Nina pada pertengahan tahun atau sekitar bulan Juli 2020, namun tahun ini baru terdeteksi pada akhir September 2021.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas