Tribun

Virus Corona

Cegah Varian Omicron, Ini Aturan Terbaru Perjalanan Internasional yang Mulai Berlaku Hari Ini

Satgas Covid-19 terbitkan aturan baru soal syarat perjalanan internasional untuk mencegah varian baru Covid-19 Omicron masuk ke Indonesia.

Penulis: Shella Latifa A
Editor: Tiara Shelavie
Cegah Varian Omicron, Ini Aturan Terbaru Perjalanan Internasional yang Mulai Berlaku Hari Ini
Tribun Bali/Rizal Fanany
ILUSTRASI PERJALANAN INTERNASIONAL - Satgas Covid-19 terbitkan aturan baru soal syarat perjalanan internasional untuk mencegah varian baru Covid-19 Omicron masuk ke Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Munculnya varian baru dari virus Covid-19, yakni B.1.1.529 atau Omicron yang berasal dari Afrika cukup mengkhawatirkan.

Pasalnya, Omicron menjadi varian yang mendapat perhatian (variant of concern) dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Untuk mencegah varian Omicron masuk ke Indonesia, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 pun menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Baca juga: WHO Minta Tiap Negara Tetap Buka Perbatasan Meskipun Ada Varian Baru

Dikutip dari laman pers Setkab.go.id, SE ini berlaku mulai hari ini, Senin 29 November hingga waktu yang ditentukan kemudian.

Beberapa hal melatarbelakangi diterbitkannya SE ini di antaranya, pertama bahwa pada saat ini telah ditemukan varian baru SARS-CoV-2 B.1.1.529 di Afrika Selatan, yang menyebar ke beberapa negara di dunia.

Sehingga diperlukan penyesuaian mekanisme pengendalian terhadap perjalanan internasional sebagai upaya memproteksi Warga Negara Indonesia (WNI) dari kasus importasi.

Kemudian, bahwa dalam rangka antisipasi masuknya varian baru  ke Indonesia, perlu dilakukan penutupan sementara negara/wilayah asal kedatangan pelaku perjalanan internasional yang telah mengonfirmasi adanya transmisi komunitas varian baru Omicron serta negara/wilayah yang secara geografis berdekatan dengan negara itu.

Protein lonjakan Omicron dengan mutasi baru terlihat dalam warna merah, biru, emas dan hitam.
Protein lonjakan Omicron dengan mutasi baru terlihat dalam warna merah, biru, emas dan hitam. (Pusat Penelitian Virus di Universitas Glasgow)

Baca juga: Epidemiolog Sebut Varian Baru Covid-19 Omicron 500 Persen Lebih Menular Dibanding Virus Corona Awal

Selain itu, SE ini juga sebagai tindak lanjut dari pernyataan WHO yang menetapkan varian  B.1.1.529 sebagai variant of concern (VOC) dan merekomendasikan i seluruh negara untuk meningkatkan mitigasi risiko penularan kasus importasi serta menerapkan pengaturan perjalanan internasional berbasis risiko.

Adapun ruang lingkup dari SE ini adalah untuk menerapkan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan internasional di masa pandemi.

“Untuk mengantisipasi penyebaran virus SARS-CoV-2 baru maupun yang akan datang, maka pelaku perjalanan internasional harus mematuhi protokol kesehatan dengan sangat ketat serta memperhatikan regulasi atau kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” demikian bunyi SE itu.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas