Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Isu Reshuffle Rabu Pon 8 Desember, Siapa Saja Bakal Digusur dan Dipilih Jokowi Masuk Kabinet?

Seiring semakin dekatnya Hari Rabu Pon pamungkas di tahun 2021, yang akan jatuh pada 8 Desember mendatang, menguat isu reshuffle kabinet Jokowi-Amin

Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Isu reshuffle atau perombakan kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin kembali mencuat.

Hal ini seiring semakin dekatnya Hari Rabu Pon pamungkas di tahun 2021 ini yang akan jatuh pada 8 Desember mendatang. 

Seperti kebiasaan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika melakukan reshuffle kerap memilih Hari Rabu Pon dalam kalender Jawa yang sering dikaitkan sebagai hari baik bagi Presiden Jokowi.

Sejumlah kursi kementerian dikabarkan akan dikocok ulang.

Ada beberapa kursi yang akan diisi nama baru, termasuk kursi wakil menteri ESDM yang kabarnya sudah disiapkan Presiden Jokowi.

Baca juga: Jokowi Dikabarkan akan Reshuffle Kabinet 8 Desember 2021, Muncul Nama-nama Baru Calon Menteri

Selain itu dikabarkan pula satu kader Partai Amanat Nasional (PAN) akan mendapatkan kursi menteri di kabinet Jokowi-Amin.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto  mengatakan, PAN sudah menyiapkan sejumlah kader, jika diajak pemerintah masuk kabinet. 

BERITA TERKAIT

Dia menyebut nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, dan Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN Soetrisno Bachir. 

"Tentu kalau ada reshuffle, kalau Pak Jokowi minta kader PAN, tentu kita usulkan nama yang diminta oleh Pak Jokowi," ucap Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/11/2021). 

Lebih lanjut, Yandri juga enggan menyebut pos menteri apa yang diincar PAN. 

Menurutnya hal tersebut merupakan hak prerogatif presiden. 

"PAN itu enggak pakai inginnya yang mana, kita tunggu dari Pak Jokowi saja, kan prerogatif Pak Jokowi. Kan bukan milih posisi atau mau di mana. Kan kita tunggu saja, gitu," tandasnya.

PKB Manut dan Ikut Pilihan Jokowi

Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, reshuffle menjadi hak penuh atau prerogatif Presiden Jokowi

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas