Tribun

4 Jenis Gunung Api dan Karakteristiknya, Gunung Api Kerucut Cinder hingga Gunung Api Kubah Lava

Berikut ini 4 jenis Gunung Api dan karakteristiknya, ada Gunung Api Kerucut Cinder, Komposit (Stratovolcano), Perisai, hingga Gunung Api Kubah Lava.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
4 Jenis Gunung Api dan Karakteristiknya, Gunung Api Kerucut Cinder hingga Gunung Api Kubah Lava
Magma Indonesia
Gunung Api Sinabung, Senin 4 Januari 2021 - Berikut ini 4 jenis Gunung Api dan karakteristiknya, ada Gunung Api Kerucut Cinder, Komposit (Stratovolcano), Perisai, hingga Gunung Api Kubah Lava. 

TRIBUNNEWS.COM - Gunung api merupakan jenis gunung aktif yang dapat mengeluarkan magma ketika meletus.

Di Indonesia terdapat beberapa gunung api yang masih aktif, di antaranya Gunung Krakatau, Gunung Merapi, Gunung Sinabung, dan Gunung Semeru.

Mengutip dari laman Vulcanology Survey of Indonesia, setiap gunung memiliki struktur yang terdiri dari struktur kawah, kaldera, rekahan dan graben, dan depresi volkano-tektonik.

Jenis erupsi yang terjadi pada setiap gunung api berbeda-beda.

Ada gunung api yang dapat mengalami erupsi efusif, yaitu lava keluar secara perlahan dan mengalir tanpa diikuti dengan suatu ledakan atau eksplosif yaitu magma keluar dari gunungapi dalam bentuk ledakan.

Perbedaan tersebut dapat terjadi karena jenis gunung dan keadaan alam yang berbeda.

Selengkapnya, berikut ini jenis gunung api.

Baca juga: Apa itu Erupsi? Inilah Pengertian Erupsi Gunung Berapi, Bahaya Abu dan Gas Vulkanik bagi Kesehatan

Jenis Gunung Api

Rekaman foto kemunculan awan lentikuler di puncak Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (9/2/2021) pagi. Aktivitas vulkanik gunung api ini masih tergolong tinggi, termasuk munculnya gempa vulkanik dangkal setelah menghilang sejak 27 Januari 2021. Tribun Jogja/Setya Krisna Sumarga
Rekaman foto kemunculan awan lentikuler di puncak Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (9/2/2021) pagi. . Tribun Jogja/Setya Krisna Sumarga (Tribun Jogja/Setya Krisna Sumarga)

Mengutip dari laman USGS, berikut ini jenis gunung api:

1. Gunung Api Kerucut Cinder (Cinder Cone)

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas