Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PMI Terjunkan 100 Relawan dan 20 Ambulance Guna Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Sekjen PMI Sudirman Said kabarkan soal upaya Palang Merah Indonesia (PMI) kondisikan para korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in PMI Terjunkan 100 Relawan dan 20 Ambulance Guna Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru
AFP/JUNI KRISWANTO
Warga berkumpul di pusat evakuasi di desa Sumber Wuluh di Lumajang pada 5 Desember 2021, setelah letusan gunung Semeru yang menewaskan sedikitnya 14 orang.Sekjen PMI Sudirman Said kabarkan soal upaya Palang Merah Indonesia (PMI) kondisikan para korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Provinsi Jawa Timur. (Photo by Juni Kriswanto / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Sudirman Said kabarkan soal upaya Palang Merah Indonesia (PMI) kondisikan para korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Sudirman menyebut, kurang lebih sebanyak seratus relawan telah diterjunkan untuk membantu masyarakat.

Selain relawan, kata Sudirman, PMI juga telah mengirimkan kebutuhan lain, di antaranya truk pengangkut air bersih, truk logistik dan ambulance.

Hal tersebut disampaikan oleh Sudirman dalam wawancara virtualnya di Kompas tv, Senin (6/12/2021).

"Sejak kemarin kita berangsur melakukan mobilisasi relawan, dan saat ini mungkin sudah ada sebanyak 100 orang di lapangan."

"Sebagian juga masih dalam perispa karena ada yang membawa alat logistik tambahan dan alat transportasi dan ambulance," kata Sudirman.

Baca juga: Pemerintah Ingatkan Masyarakat Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Mengenai jumlah relawan dan kebutuhan primer lainnya, Sudirman mengatakan akan mengirimkannya dalam jumlah porsi yang cukup. 

BERITA TERKAIT

Ia tak ingin jika malah membuat kondisi di lapangan krodit.

"Jadi kita akan melihat kebutuhan dilapangan (seperti apa) karena kita tidak ingin krodit, tapi juga tidak ingin kekurangan. Jadi itu yang harus kita jaga semuanya," jelas Sudirman.

Dari relawan, Sudirman mengabarkan sudah ada relawan assessment, relawan kesehatan, relawan makanan, relawan pembagi alat kesehatan dan termasuk relawan yang khusus menyiapkan tenda tenda, air bersih dan juga dapur umum.

Beberapa kebutuhan seperti logistik, air bersih dan ambulance dirikim dari pusat, DKI Jakarta.

Sementara itu, selain dari Jakarta, bantuan logistik dan ambulance juga diambil dari gudang logistik yang ada di Gresik, Malang dan Surabaya.

"Mudah-mudahan segera sampai, kemarin mereka  berangkat sekita pukul 19.00 WIB (dari Jakarta) bersamaan dengan truk tangki air, truk logistik dan ambulance," kata Sudirman.

Bantuan yang datang dari pusat, kada Sudirman, juga didatangkan transportasi yang bernama Haglund.

Baca juga: Jenis Erupsi Gunung Semeru Sabtu Lalu, Berikut Bahaya yang Ditimbulkan

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas