Tribun

Mahfud MD dan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Bahas Pendekatan Kesejahteraan di Papua

Mahfud MD dan KSAD membahas pendekatan kesejahteraan untuk Papua di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta pada Selasa (7/12/2021). 

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
Mahfud MD dan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Bahas Pendekatan Kesejahteraan di Papua
Tim Humas Kemenko Polhukam RI
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Priyono, dan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta pada Selasa (7/12/2021).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman membahas pendekatan kesejahteraan untuk Papua di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta pada Selasa (7/12/2021). 

Mahfud mengatakan diskusi tersebut membahas implementasi arahan Presiden Joko Widodo terkait penanganan Papua.

Pertama, kata dia, untuk penanganan Papua memang menggunakan pendekatan baru yang dituangkan dalam Inpres Nomor 9 tahun 2020 tentang percepatan pembangunan Papua dan UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Papua.

"Pendekatan baru yang akan digunakan itu ya pendekatan kesejahteraan di mana sumber daya yang dimiliki pemerintah baik itu aparat, personal, maupun keuangan itu akan difokuskan pada upaya membangun kesejahteraan dalam satu kerja yang kolaboratif, komprehensif," kata Mahfud di kanal Youtube Kemenko Polhukam RI pada Selasa (7/12/2021).

Mahfud juga menegaskan pemerintah akan meneruskan dialog dengan masyarakat Papua.

Selama ini, kata dia, pemerintah juga telah berdialog baik dengan aparat, kepala adat, akademisi, pimpinan keagamaan, maupun pimpinan organisasi kepemudaan di Papua.

"Kita akan terus mengutamakan dialog dalam rangka membangun Papua. Sehingga tidak terkesan Papua itu kok ribut terus sih. Sebenarnya tidak. Kita sudah memaping kan yang agak panas daerah tertentu saja dan orangny itu-itu saja, jangan terlalu banyak buang energi ke situ sebenarnya," kata Mahfud.

Baca juga: Pangdam Kasuari Sangat Senang Jaringan Tribun Network Hadir di Papua Barat

Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah akan membina masyarakat Papua sebagai saudara.

Sementara terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua akan ditangani secara benar. 

"Papua saudara kita sama dengan Jawa, Sumatera, Bugis, Aceh itu kan semua saudara, Papua juga kita perlakukan sama sebagai bagian dari NKRI," kata Mahfud.

Dalam diskusi tersebut turut hadir Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Priyono dan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas