Tribun

Ketua Komnas HAM Luruskan Soal Beda Pendapat di Internalnya Terkait Kasus Munir

Seluruh Komisioner Komnas HAM RI satu suara terkait perlu adanya penyelesaian terhadap kasus Munir dengan argumentasi yang betul-betul kuat.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ketua Komnas HAM Luruskan Soal Beda Pendapat di Internalnya Terkait Kasus Munir
Tribunnews.com/Gita Irawan
Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik di Kantor Komnas HAM RI Jakarta pada Rabu (8/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik meluruskan terkait adanya perbedaan pendapat di antara Komisioner Komnas HAM RI soal kasus pembunuhan aktifis HAM Munir Said Thalib.

Menurutnya, seluruh Komisioner Komnas HAM RI satu suara terkait perlu adanya penyelesaian terhadap kasus Munir dengan argumentasi yang betul-betul kuat.

Ia membantah adanya perbedaan di antara Komisioner Komnas HAM terkait setuju atau tidaknya kasus Munir termasuk pelanggaran HAM berat atau tidak.

"Satu suara dalam soal itu. Karena kita menginginkan satu penyelesaian yang betul-betul dengan argumentasi yang benar-benar kuat. Tidak ada perdebatan, saya tidak setuju HAM berat," kata Taufan di kantor Komnas HAM RI Jakarta pada Rabu (8/12/2021).

Taufan mencontohkan perdebatan di antara Komisioner Komnas HAM berada dalam tataran argumentasi hukum terkait apakah kasus yang pernah diadili bisa diadili kembali.

Baca juga: Komnas HAM Targetkan Penyelidikan Kasus Munir Selesai Sebelum Maret 2022

Selain itu, kata dia, perdebatan ada pada jumlah korban untuk bisa dikategorikan sebagai pelanggaran HAM berat guna menentukan pola serangan.

"Jadi perdebatannya bukan tidak setuju. Tapi perdebatannya masih mana argumentasi hukum yang bisa meyakinkan," kata Taufan.

Selesai Sebelum Maret 2022

Komnas HAM RI menargetkan penyelidikan kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib berdasarkan Undang-Undang 39 tahun 1999 tentang HAM selesai lebih cepat dari target yang telah ditetapkan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas