Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Maskur Akui Pakai Duit Suap Azis Syamsuddin untuk Sawer Biduan di Beberapa Kafe Jakarta, Ini Kafenya

Bersama eks penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju, Maskur mengaku menerima uang dengan total Rp3,15 miliar. 

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Maskur Akui Pakai Duit Suap Azis Syamsuddin untuk Sawer Biduan di Beberapa Kafe Jakarta, Ini Kafenya
Danang Triatmojo
Advokat Maskur Husein menjadi saksi dalam sidang dugaan korupsi mantan Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/12/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Advokat Maskur Husain mengakui menerima pemberian uang dari Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin untuk mengurus perkara di Kabupaten Lampung Tengah yang sedang ditangani KPK

Bersama eks penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju, Maskur mengaku menerima uang dengan total Rp3,15 miliar. 

Rinciannya, dari Azis Syamsuddin 1,75 miliar dan dari mantan Wakil Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Aliza Gunado Rp1,4 miliar.




Adapun dari total Rp3,15 miliar yang diterima, Rp2,3 miliar adalah mata uang rupiah sementara sisanya dalam bentuk valuta asing (valas) sebesar 36 ribu dolar AS. 

Hal ini terungkap dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK saat sidang lanjutan perkara suap dengan terdakwa mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/12/2021).

Pembacaan pleidoi eks Penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/12/2021).
Pembacaan pleidoi eks Penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/12/2021). (Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama)

"Dari total Rp3,15 miliar tersebut, sebesar Rp2,3 miliar ditambah uang dalam bentuk valas yaitu dolar USD sebesar antara USD26 ribu sampai USD36 ribu, jumlah pastinya saya lupa. Untuk saya Maskur Husain pribadi seperti yang telah saya jelaskan di atas," kata jaksa membaca BAP milik Maskur.

Baca juga: Maskur Husain Sebut Azis Syamsuddin Sendiri yang Minta Eks Penyidik KPK Urus Kasus Korupsinya

Maskur pun membenarkan, dan menyebut pemberian uang dari Azis Syamsuddin digunakan untuk kepentingan pribadinya. Hal itu juga tertuang dalam BAP miliknya.

BERITA TERKAIT

Kepentingan pribadi yang dimaksud meliputi membeli emas, membayar DP dan cicilan mobil Toyota Harier, untuk kepentingan sosialisasi rencana pencalonan sebagai Walikota Ternate, serta untuk memberi tips atau uang saweran kepada penyanyi dan pemain musik di beberapa kafe di Jakarta.

"Selanjutnya uang tersebut saya gunakan untuk membayar uang muka mobil Toyota Harrier 2011 warna putih pelat B1ZUS yang sekarang sudah saya jual sekitar satu bulan lalu, sebelum puasa atau bulan Februari 2021," kata jaksa membaca BAP Maskur.

"Sisanya saya gunakan untuk biaya sosialisasi saya sebagai calon wali kota ternate, dan untuk memberikan tips atau uang sawer kepada penyanyi dan pemain musik di Jakarta seperti Adas Kafe, Oasis Kafe, Kafe MK, Kafe Kaliber, Kafe Top One, dan Kafe Top Ten," sambungnya.

"Benar pernah memberikan keterangan seperti ini?," tanya jaksa.

"Iya," jawab Maskur.

Dalam perkara ini, Azis Syamsuddin didakwa memberi suap senilai Rp3,099 miliar dan 36 ribu dolar AS sehingga totalnya sekitar Rp3,619 miliar kepada eks Penyidik KPK asal Polri Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain terkait pengurusan penyelidikan KPK di Lampung Tengah.

Perkara ini diawali dengan penyelidikan dugaan adanya tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji terkait pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN-P Kabupaten Lampung Tengah Tahun Anggaran 2017 oleh sejak 8 Oktober 2019. 

Dalam penyelidikan itu Azis Syamuddin dan Aliza Gunado diduga sebagai pihak penerima suap.

Aliza Gunado adalah mantan Wakil Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) pernah menjadi Direktur Bisnis Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Lampung Jasa Utama sekaligus orang kepercayaan Azis Syamsuddin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas