Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

4 Buronan dari Kelompok MIT Poso yang Tersisa Diminta Menyerahkan Diri

"Operasi Madago Raya tahun 2022 akan mengedepankan tindakan soft approach, bagaimana cara bertindak ini semua sementara dirumuskan," ujarnya.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in 4 Buronan dari Kelompok MIT Poso yang Tersisa Diminta Menyerahkan Diri
Bidhumaspoldasulteng
Kapolda Sulteng Irjen Rudy Sufahriadi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Rudy Sufahriadi meminta empat buronan dari kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso yang tersisa untuk menyerahkan diri.

Hal tersebut menyusul telah kembali diperpanjang Satgas Operasi Madago Raya pada 2022.

"TNI-Polri sementara terus bekerja untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat dan tokoh agama guna menurunkan para DPO agar menyerahkan diri, tetapi sampai sekarang belum ada, sehingga harus terus dicari," kata Rudy dalam keterangannya, Sabtu (1/1/2022).

Di sisi lain, Rudy mengapresiasi torehan Satgas Madago Raya yang berhasil melumpuhkan 5 dari 9 teroris MIT Poso pada 2021 lalu.

Apalagi, satu di antaranya merupakan pimpinan MIT Poso Ali Kalora.

Baca juga: Tim Densus Antiteror Polri Tangka 370 Tersangka Teroris Sepanjang Tahun 2021

"Hal yang menonjol selama tahun 2021 terkait penanganan terorisme, di antaranya adalah keberhasilan menangkap lima dari sembilan DPO teroris Poso, antara lain Ali Kalora dan Jaka," jelasnya.

BERITA TERKAIT

"Masih ada empat sisa DPO teroris Poso, dua dari Poso yaitu Suardin alias Farhan alias Abu Farhan dan Ahmad Gazali alias Ahmad Panjang alias Basir, serta dua dari Bima NTB yaitu Jafar alias Pak Guru alias Askar dan Imam alias Galuh alias Nae," sambungnya.

Ke depannya, kata Rudy, pihaknya akan segera merumuskan operasi Satgas Madago Raya untuk 2022 mendatang. Ia menuturkan pihak kepolisian akan fokus melakukan pendekatan soft approach.

"Operasi Madago Raya tahun 2022 akan mengedepankan tindakan soft approach, bagaimana cara bertindak ini semua sementara dirumuskan," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas