Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Herry Wirawan dan Dendam Elite

Rakyat menjadi bulan-bulanan ketika jadi pesakitan, sebaliknya elite dimanjakan.

Editor: cecep burdansyah
zoom-in Herry Wirawan dan Dendam Elite
dokumen
Cecep Burdansyah 

Oleh Cecep Burdansyah*

TUNTUTAN hukuman mati dan kebiri terhadap guru pelaku pencabulan muridnya mendapat reaksi masyarakat hampir seragam. Publik setuju dengan tuntutan jaksa penuntut umum.

Pertimbangan publik umunnya melihat perilaku Herry Wirawan sangat melukai korban dan keluarganya, terutama dari aspek psikologis korban, trauma yang bakal memengaruhi masa depannya.

Publik juga menilai, pelaku sebagai seorang guru yang seharusnya membimbing para murid membukakan masa depan ke arah yang cerah, malah sebaliknya membawa ke ruang gelap gulita.

Perbuatan Herry tentu akan meruntuhkan kepercayaan publik terhadap lembaga pendidikan. Tidak menutup kemungkinan ada warga yang tidak  percaya lagi terhadap lembaga pendidikan. Terlebih, di masyarakat kita sangat gampang membuat generalisasi.

Tuntutan hukuman mati dan kebiri memang hukuman yang seberat-beratnya yang dikenakan pada pelaku. Terlepas setuju atau tidak dengan tuntutan tersebut, kita harus menempatkan bahwa mempidana seseorang bukan sebagai tujuan.

J. Remelink dalam bukunya “Pengantar Hukum Pidana Material (1)” menyebutkan, hukuman pidana bukanlah tujuan, melainkan hanya alat atau sarana negara untuk menciptakan ketertiban di masyarakat.

BERITA TERKAIT

Jadi tujuannya sendiri adalah menjaga ketertiban agar norma-norma yang telah disepakati bersama dipatuhi dan sipatnya memaksa. Hukuman pidana baru dijatuhkan dan dilaksanakan apabila seseorang melanggar norma-norma tersebut.

Dalam konteks norma yang dilanggar Herry Wirawan, apabila hakim menjatuhkan hukuman mati dan kebiri, kita harus melihat dari perspektif yang lebih luas.

Pertama, tuntutan jaksa sebagai perpanjangan negara, menghendaki agar perbuatan pelaku tidak terulang di masyarakat, alias ada efek jera. Negara bermaksud melindungi warganya dari kejahatan seksual seperti yang dilakukan Herry Wirawan.

Apabila hakim menjatuhkan vonis sesuai dengan tuntutan jaksa, berarti hakim sependapat dengan negara untuk melindungi warga mayarakat, terutama perempuan dari perbuatan bejat seperti dilakukan Herry Wirawan.

Dendam Elite

Tak bisa dimungkiri bahwa reaksi publik terhadap tuntutan hukuman mati dan kebiri Herry, merupakan dendam terhadap pelaku. Publik mengomentari di jagat media sosial dengan nada penuh emosional.

Namun publik awam masih terbilang wajar. Ketika reaksi bernuansa dendam itu datang dari kalangan elite seperti menteri, gubernur, istri gubernur, dan politikus anggota DPR, kita layak mempertanyakan komitmen mereka terhadap hukum secara keseluruhan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas