Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini 3 Opsi yang Disiapkan Kemenag Terkait Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022 yang Belum Pasti

Yaqut mengatakan jika penyelenggaraan ibadah Haji tahun ini resmi dijadwalkan, maka pemerintah akan memberangkatkan jemaah haji tahun 2020.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Ini 3 Opsi yang Disiapkan Kemenag Terkait Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022 yang Belum Pasti
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Senin (17/1/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan tiga opsi skenario penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443H/ 2022M dalam kondisi pandemi Covid-19.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan ketiga opsi tersebut tetap dipersiapkan meski Pemerintah Arab Saudi belum memberikan kepastian terkait penyelenggaraan ibadah Haji 2022.

Hal itu disampaikan Yaqut dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Senin (17/1/2022) di gedung DPR RI Jakarta. 

"Mengingat sampai saat ini penanganan Covid-19 belum berakhir yang ditandai dengan munculnya Omicron, maka pemerintah melakukan mitigasi penyelenggaraan ibadah haji dengan mengambil 3 opsi," kata Yaqut.

Adapun tiga opsi tersebut adalah penyelenggaraan ibadah Haji dengan kuota jemaah penuh, penyelenggaraan Haji dengan kuota jemaah terbatas dan tidak memberangkatkan jemaah Haji tahun 2022.

Baca juga: Pemerintah Terus Berkoordinasi dengan Arab Saudi Terkait Kepastian Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443H

Yaqut memastikan pemerintah sampai saat ini terus bekerja menyiapkan opsi pertama yaitu memberangkatkan jemaah kuota penuh.

BERITA TERKAIT

"Tentu kita berharap agar wabah ini segera berkahir sehingga penyelenggaraan ibadah Haji bisa berjalan normal seperti penyelenggaran ibadah Haji seperti tahun-tahun sebelum pandemi," ujarnya.

Lebih lanjut Yaqut mengatakan jika penyelenggaraan ibadah Haji tahun ini resmi dijadwalkan, maka pemerintah akan memberangkatkan jemaah haji tahun 2020.

Kemenag juga telah menyiapkan pedoman penyediaan transportasi udara bagi jemaah Haji

"Kemudian jemaah Haji yang diberangkatkan pada penyelenggaraan ibadah Haji tahun 1443H/2022M adalah jemaah Haji yang berhak berangkat adalah jemaah tahun 1441Hatau 2020M," ucap Yaqut.

"Dan kami sudah membentuk tim penyediaan akomodasi konsumsi dan transportasi bagi jemaah haji di Arab Saudi, saat ini, kami sedang melakukan proses administrasi untuk keberangkatan tim tersebut," tandasnya.

Belum pasti

Dalam raker itu, Yaqut mengatakan bahwa belum ada kepastian penyelenggaraan ibadah Haji tahun ini dikarenakan masih mewabahnya Covid-19.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas