Tribun

Mutasi dan Promosi di TNI

Jejak Karier Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Pernah Jabat Komandan Paspampres hingga Pangdam Udayana

Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak resmi ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Editor: Muhammad Zulfikar
Jejak Karier Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Pernah Jabat Komandan Paspampres hingga Pangdam Udayana
TNI AD Youtube
Mayjen Maruli Simanjuntak dan istri, Paulina Uli Pandjaitan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak resmi ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Penunjukan Maruli tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Surat itu diteken Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada 21 Januari 2022.

Baca juga: Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad, Ini Harapan Sekjen PDIP Hasto

“Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Prantara Santosa melalui keterangan tertulis, Sabtu (22/1).

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Resmi Jadi Pangkostrad Maruli menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang kini menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Nama Maruli belakangan memang disebut-sebut sebagai calon terkuat Pangkostrad, bersaing dengan sejumlah nama yang juga masuk dalam bursa seperti Mayjen Agus Subiyanto, Mayjen I Nyoman Cantiasa, dan Mayjen Teguh Pujo Rumekso.

Mayjen Maruli Simanjuntak dan istrinya, Paulina Uli Pandjaitan
Mayjen Maruli Simanjuntak dan istrinya, Paulina Uli Pandjaitan (Youtube TNI AD)

Maruli merupakan abituren Akademi Militer (Akmil) 1992 yang berpengalaman di Infanteri Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra.

Setelah menuntaskan pendidikannya di Akmil, pria kelahiran 27 Februari 1970 ini menduduki sejumlah jabatan strategis.

Jabatan penting pertama diemban Maruli pada tahun 2002, ketika ia ditunjuk sebagai Komandan Detasemen Tempur Cakra. Tiga tahun kemudian, ia menjadi Perwira Bantuan Madya Operasi Kopassus.

Baca juga: Mayjen TNI Maruli Jadi Pangkostrad, PDIP: Jangan Dipolitisasi

Jabatan itu Maruli emban sejak 2005 hingga 2008. Setelahnya, pada tahun 2008 Maruli dipercaya mengisi posisi Komandan Batalyon (Danyon) 21 Grup 2/Sandhi Yudha. Jabatan ini dilakoninya hingga
2009.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas