Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menko PMK Optimistis Penyaluran Bansos Rampung Awal Maret 2022

Muhadjir meminta kepada pemda seluruh Indonesia agar dapat ikut memantau dan mengecek secara detil distribusi bansos di daerah masing-masing.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menko PMK Optimistis Penyaluran Bansos Rampung Awal Maret 2022
Banjarmasin Post/Aya Sugianto
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy berdialog dengan anak-anak warga Anjir, Kabupaten Batola, saat melakukan kunjungan ke Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (5/8/2021). Dalam kesempatan tersebut, Menteri PMK juga menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga miskin. Banjarmasin Post/Aya Sugianto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy optimistis target 100 persen penyaluran bansos dapat tercapai setidaknya pada minggu pertama di bulan Maret.

Pencapaian penyaluran bansos, baik Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Sembako, rata-rata sudah di atas 30 persen.

"Untuk bansos alhamdulillah lancar. Rata-rata sudah mencapai di atas 30 persen. Diharapkan 3 Maret nanti kelar, semua sudah tersalurkan, baik itu PKH ataupun BPNT/Sembako," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Sabtu (26/2/2022).

Muhadjir mengungkapkan Presiden Jokowi telah memerintahkan untuk percepatan penyaluran bansos agar dapat diselesaikan hingga akhir Februari.

Pemerintah, kata Muhadjir, telah berusaha maksimal dengan melakukan berbagai langkah efektif untuk dapat mencapai target tersebut.

Baca juga: Bansos PKH Tahap I Cair Februari 2022, Cek Penerima Lewat Laman cekbansos.kemensos.go.id

"Ini sudah sangat super khusus. Kenaikan rata-rata perhari (penyaluran bansos) sudah bagus. Paling tidak kita harapkan awal minggu pertama bulan Maret sudah tercapai. Kalau tidak 100 persen, biasa itu masih ada sisanya, nanti akan kita kejar," ucap Muhadjir.

BERITA TERKAIT

Dia meminta kepada pemerintah daerah seluruh Indonesia agar dapat ikut memantau dan mengecek secara detil distribusi bansos di daerah masing-masing.

Pemantauan, menurut Muhadjir, bukan hanya sampai pada penyaluran diterima tetapi memastikan bansos tersebut telah dimanfaatkan oleh KPM.

"Yang lambat supaya dikawal, didorong terutama dari pihak bank Himbara ataupun PT Pos agar betul-betul sampai kepada yang berhak. Bansos ini harus benar-benar telah sampai diterima dan dimanfaatkan oleh KPM untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari."

"Tidak boleh hanya sampai dikirim, tetapi ternyata belum sampai kepada yang berhak terutama masyarakat penerima PKH," jelas Muhadjir.

Bank Himbara juga diminta agar langsung memberitahu KPM apabila uang yang seharusnya diterima telah masuk rekeningnya.

Dengan demikian, KPM dapat langsung mengambil dan membelanjakan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi penerima BPNT ataupun kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan perbaikan gizi untuk para penerima PKH.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas