Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sri Sultan Hamengku Buwono X Beberkan Fakta Baru Terkait Serangan Umum 1 Maret, 73 Tahun Lalu

Sri Sultan HB X mengaku tak bisa memberikan bukti terkait fakta ini karena info berasal dari Sultan HB IX yang menjabat Menteri Pertahanan saat itu

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Sri Sultan Hamengku Buwono X Beberkan Fakta Baru Terkait Serangan Umum 1 Maret, 73 Tahun Lalu
TRIBUNJOGJA.COM/ Yuwantoro Winduajie
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X membacakan Keppres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara di Tetenger Serangan Umum 1 Maret 1949, Keben Keraton Yogyakarta, Selasa (1/3/2022) 

Laporan Wartawan Tribun Jogja  Yuwantoro Winduajie

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA  - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebut Serangan Umum 1 Maret yang terjadi 73 tahun lalu, direncanakan berlangsung lebih awal tepatnya pada 28 Februari 1949.

Serangan dadakan yang bakal mengejutkan dunia internasional itu terpaksa diundur karena kebocoran informasi.

Sri Sultan Hamengku Buwono X usai membaca Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara di Tetenger Serangan Umum 1 Maret 1949, Keben Keraton Yogyakarta, Selasa (1/3/2022).

"Menurut cerita almarhum ( Sri Sultan Hamengku Buwono IX ) kepada saya, mestinya peristiwa tidak terjadi pada 1 Maret, tapi pada 28 Februari.

Karena (informasi) bocor diundur tanggal 1 Maret.

Itu hal pertama yang bisa saya tambahkan," terang Sri Sultan Hamengku Buwono X.

BERITA TERKAIT

Sri Sultan mengaku tak bisa memberikan bukti-bukti pendukung terkait fakta yang diklaimnya.

Baca juga: NU Turut Mendukung Wacana Penundaan Pemilu, Sultan : Pak Jokowi Harus Segera Bersikap

Sebab, informasi tersebut diperoleh langsung dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Gubernur DIY.

Dia memilih mengungkapkan informasi tersebut bertepatan dengan peringatan Serangan Umum 1 Maret.

"Saya tidak bisa jelaskan lebih lanjut, karena hanya dapat cerita.

Nek ditakoni buktine endi yo ra reti (kalau ditanya buktinya mana ya tidak tahu). Karena ada momentum ini jadi saya sampaikan," bebernya.

Saat membacakan Keppres tersebut, Sri Sultan Hamengku Buwono Xmengatakan, penetapan hari besar diharapkan dapat membuat masyarakat tak melupakan peristiwa bersejarah di tanggal tersebut.

"Dalam rangka menanamkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa guna memperkuat kepribadian dan harga diri bangsa yang pantang menyerah, perlu menetapkan tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara," terang Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Terbitnya Keppres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara yang lahir dari pemaknaan Serangan Umum 1 Maret 1949, telah menjadi aset sejarah dan properti nasional bangsa Indonesia, dan secara resmi telah diakui sebagai focal point penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

"Disahkannya Hari Penegakan Kedaulatan Negara, sekaligus menjadi sebuah tetenger, bahwa Serangan Umum 1 Maret lahir dari manunggal-nya banyak tokoh dan golong gilig-nya seluruh masyarakat, dalam spirit Satya Wacana Mahardika," ujar dia. (tro)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Sri Sultan Hamengku Buwono X Beberkan Fakta yang Belum Terkuak Tentang Serangan Umum 1 Maret

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas