Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

TNI AU Siapkan Calon Penerbang Pesawat Tempur Jet Rafale

Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah pilot penerbang untuk mengawaki Pesawat tempur Dassault Rafale.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in TNI AU Siapkan Calon Penerbang Pesawat Tempur Jet Rafale
Dassault
Jet Tempur Rafale. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah pilot penerbang untuk mengawaki Pesawat tempur Dassault Rafale.

Langkah itu dikatakan Kasau Faddjar menyusul kabar bahwa pemerintah telah mengakuisisi 6 pesawat tempur Dassault Rafale produksi Dassault Aviation asal Perancis.

Hal itu disampaikan Fadjar usai membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU TA 2022 di MabesAU, Cilangkap, Jakarta, Jumat (4/3/2022).

"Ini masih kita tindak lanjuti dengan proses yang lain, karena kita menyiapkan beberapa penerbang tetapi kita belum tentukan jumlahnya," kata Fadjar.

Baca juga: Eks KSAU Ungkap Kisah Dirinya Harus Izin Singapura saat Hendak Kirim Logistik Pasukan ke Natuna

Lebih lanjut, Fadjar menyebut, TNI AU telah menyiapkan sejumlah kriteria yang layak untuk mengikuti pelatihan guna mengawaki pesawat tempur Dassault Rafale itu.

Dimana, latihannya sendiri akan dilaksanakan di kota asal pesawat tempur tersebut yakni Perancis dan di dalam negeri.

BERITA TERKAIT

"Tetapi secara kriteria kita sudah siapkan dan yang eligible untuk bisa berangkat," ucap KSAU.

Sementara, terkait penempatan pesawat tempur Dassault Rafale, Kasau mengatakan bahwa akan ditempatkan di.Skuadron TNI AU yang sudah ada.

Pasalnya, menurut Fadjar, penempatan pesawat tempur cukup kompleks dan beberapa persyaratan harus dipenuhi.

"Lalu juga masalah penempatan, tentunya kita tidak akan jauh-jauh dari yang sudah ada dari sekarang. Karena menempatkan satuan udara cukup kompleks, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, kecuali ke depan kita mendapat perintah untuk menggelar dimana kita akan siap," jelas Fadjar.

Diketahui, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) berencana membeli 42 pesawat tempur Dassault Rafale hingga kapal selam kelas Scorpène dari Prancis.

Baca juga: KSAU Minta Para Komandan Satuan Bisa Jadi Teladan dan Inspirasi Bawahan

Rencana itu disampaikan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto usai menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Prancis Florence Parley di kantor Kemhan RI Jakarta Pusat pada Kamis (10/2/2022).

"Kita rencananya akan mengakuisisi 42 pesawat Rafale."

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas