Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masyarakat Diimbau Waspadai Informasi di Media Sosial yang Catut Lowongan Kerja Jasa Raharja

Akun tersebut menginformasikan Jasa Raharja membuka lowongan pekerjaan dan mengirimkan undangan serta panggilan untuk wawancara di berbagai kota.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Masyarakat Diimbau Waspadai Informasi di Media Sosial yang Catut Lowongan Kerja Jasa Raharja
Tribun Batam
Direktur SDM dan Umum PT Jasa Raharja, Rubi Handojo. /Foto: Ist 

TRIBUNNEWS,COM, JAKARTA – Di era digital saat ini arus informasi begitu deras masuk kepada masyarakat lewat berbagai platform.

Baik melalui media konvensional maupun media sosial.

Kondisi ini menuntut seluruh kalangan untuk lebih waspada dalam mengolah informasi.

Terkait hal itu, PT Jasa Raharja mengimbau masyarakat berhati-hati terhadap maraknya informasi penawaran lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan Jasa Raharja melalui akun media sosial maupun website.

Akun tersebut menginformasikan Jasa Raharja membuka lowongan pekerjaan dan mengirimkan undangan serta panggilan untuk wawancara di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Baca juga: Kasus Penipuan Jual Beli Minyak Goreng di Bandung, Wanita Ini Raup Rp 1 Miliar, Uang Habis Dipakai

Direktur SDM dan Umum PT Jasa Raharja, Rubi Handojo, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (9/3/2022) mengimbau masyarakat dan  pencari kerja untuk berhati-hati dan waspada terhadap akun-akun media sosial maupun website palsu yang mengatasnamakan Jasa Raharja.

"PT Jasa Raharja selalu menginformasikan setiap proses rekrutmen melalui akun resmi @pt_jasaraharja baik Instagram maupun Twitter yang sudah terverifikasi dan website www.jasaraharja.co.id,” katanya.

BERITA TERKAIT

Jasa Raharja minta masyarakat mewaspadai akun yang tidak bertanggung jawab seperti akun Instagram @jasaraharja_career, akun email hrd@jrp.co.id.

Akun-akun ini diduga menyebarkan informasi lowongan kerja tersebut.

"Berdasarkan penelusuran Jasa Raharja, akun yang meresahkan tersebut selalu update info Jasa Raharja dan terlihat meyakinkan," jelas Rubi.

Selama ini, informasi lowongan pekerjaan yang dibagikan oleh jasaraharja_career dan aplikasi lowongan pekerjaan merupakan tindakan penipuan.

Akun jasaraharja_career dipastikan bukan milik PT Jasa Raharja.

"Kami tidak bekerja sama dengan travel agent manapun dan tidak memungut biaya apapun untuk proses rekrutmen karyawan. Tetap waspada dan berhati-hati dalam mendapatkan informasi,” himbau Rubi.

Rubi Handojo mengatakan, masyarakat dapat menghubungi dan melaporkan melalui direct message (DM) ke akun resmi Instagram @pt_jasaraharja apabila menemukan akun-akun yang mengatasnamakan Jasa Raharja atau menghubungi call center 1500020.

“Jasa Raharja tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan akibat penipuan tersebut. Oleh karena itu, masyarakat agar terlebih dahulu memeriksa kebenaran informasi melalui kanal-kanal resmi Jasa Raharja yang tersedia, baik melalui website dan akun-akun official media sosial Jasa Raharja yang sudah terverifikasi," kata Rubi.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan yang berwenang untuk penanganan permasalahan ini, seperti dengan Kemenkominfo, Facebook selaku pemilik platform Instagram, dan Polri sehingga risiko-risiko yang tidak diinginkan dapat diminimalisir. 

Penulis: Renhard Patrecia Sibagariang

Artikel ini telah tayang di TribunBatam.id dengan judul BANYAK Akun Bodong, Rubi Handojo: Hati-Hati Informasi Lowongan Kerja Mengatasnamakan Jasa Raharja

Sumber: Tribun Batam
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas