Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Jokowi Pimpin Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara di Titik Nol Kilometer IKN

Presiden Joko Widodo didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo memimpin prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara di Titik Nol Kilometer IKN.

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Presiden Jokowi Pimpin Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara di Titik Nol Kilometer IKN
Foto: Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi melakukan prosesi penyatuan tanah dan air di titik nol KM Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (14/3/2022). Tanah dan air berasal dari seluruh Provinsi di Indonesia yang dibawa oleh para Gubernur serta perwakilannya. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo memimpin prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara di Titik Nol Kilometer IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Diketahui, tanah dan air yang disatukan tersebut berasal dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Tanah dan air tersebut pun diambil dari titik-titik lokasi tertentu dengan kearifan lokal masing-masing dari 34 provinsi.

Kemudian tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia ini diberikan langsung oleh Gubernur masing-masing provinsi kepada Presiden Jokowi.

Selanjutnya tanah dan air ini digabungkan menjadi satu dalam sebuah gentong.

Baca juga: Jokowi dan Sejumlah Gubernur Lakukan Prosesi Penyatuan Tanah dan Air di Titik Nol IKN

Tanah dan air dari 34 provinsi ini menjadi sebuah simbol bahwa Indonesia merupakan negara besar.

Dari ujung barat Provinsi Aceh sampai ujung timur Provinsi Papua, dengan kearifan lokal beragam.

BERITA TERKAIT

Keragaman kearifan lokal tersebut pun disatukan oleh tanah dan air, sehingga membentuk tanah air Indonesia.

Selain itu, penyatuan tanah dan air Nusantara ini menandakan bahwa Ibu Kota Nusantara adalah milik seluruh bangsa Indonesia.

Dalam prosesi penyatuan tanah dan air ini, Presiden Jokowi pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh Gubernur dari 34 provinsi di Indonesia.

Baca juga: 34 Gubernur Diundang Syukuran Pembangunan IKN, Mengapa Jokowi Hanya Ajak 5 Gubernur untuk Berkemah?

Presiden Jokowi menyebut prosesi penyatuan tanah dan air ini merupakan bentuk dari kebhinekaan dan persatuan kuat dalam membangun Ibu Kota Nusantara.

"Kita hadir sama-sama disini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan kita segera mulai. Yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara. Saya hadir disini bersama 34 Gubernur dari 34 provinsi yang ada di seluruh tanah air."

"Bersama 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur dan kita tahu baru saja tadi tanah dan air yang dibawa oleh 34 Gubernur telah kita satukan di tempat yang akan menjadi lokasi Ibu Kota Nusantara. Dan saya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para Gubernur."

"Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita, dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini," kata Jokowi dalam tayangan Live Event dari Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara, di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3/2022).

Baca juga: 2 Ribu TNI/Polri Disiagakan Untuk Pengamanan Kegiatan Presiden di IKN

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas