Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komisi III DPR Sambut Baik Rencana BNN Perkuat Fungsi Pelaksanaan TAT

Legislator Partai Golkar itu menjelaskan, Lembaga Permasyarakatan (LP) saat ini sebagian besar dihuni oleh kasus narkoba.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Komisi III DPR Sambut Baik Rencana BNN Perkuat Fungsi Pelaksanaan TAT
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Petrus Reinhard Golose saat rattdi ruang Rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (29/3/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi menyambut baik rencana Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Petrus Reinhard Golose, yang meminta penguatan rehabilitasi dan Tim Asesmen Terpadu (TAT) melalui regulasi.

"Hal ini merupakan upaya BNN memberikan kepastian hukum kepada para pengguna narkoba, apakah dibawa ke ranah hukum atau rehabilitasi. Namun, untuk para bandar narkoba, harus di berikan sanksi yang cukup berat," kata Andi Rio, kepada Tribun, Rabu (30/3/2022).

Legislator Partai Golkar itu menjelaskan, Lembaga Permasyarakatan (LP) saat ini sebagian besar dihuni oleh kasus narkoba.

Baca juga: Ada Usulan Pecandu Cukup Direhab, Kepala BNN: Tidak Semua, Ada Pelaku Mengaku Korban

Hal ini menjadi permasalahan yang berdampak pada over capacity lapas.

"Masalah klasik over capacity lapas tidak akan pernah selesai jika pengguna narkoba skala kecil secara intens masuk penjara, mereka bisa saja nantinya kan di tempatkan di rehabilitasi," ujarnya.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu menambahkan, pengguna narkoba harus diberikan kesempatan kembali ke jalan yang benar.

BERITA REKOMENDASI

Setiap manusia, lanjut dia, memiliki kesempatan untuk bertaubat, maka harus diberikan peluang tersebut.

Baca juga: BNN Edukasi di Kalangan Pelajar SMP Tangsel, Ingatkan Ancaman Darurat Narkoba di Indonesia

"Kalau manusia mau berubah menjadi lebih baik itu kan hal baik, yang terpenting berjanji untuk tidak mengulanginya kembali. Banyak pengguna narkoba disebabkan akibat pengaruh lingkungan pertemanan, Kita berharap generasi bangsa harus tepat memilih lingkungan pergaulan," ucapnya.

Politikus asal Bone itu meminta peran Babinkamtibnas, tokoh Agama dan masyarakat dapat terus mengawasi dan memberikan sosialisasi mengenai bahaya dan dampak dari narkoba.

Sehingga lingkungan sekitar dapat bersih dan terjaga dari masuknya barang haram yang bernama narkoba.

"Hal ini penting guna menyelamatkan generasi bangsa indonesia di tengah ancaman narkoba yang semakin marak dengan jenis jenis baru, jangan sampai kita lengah dan dapat berakibat fatal untuk keluarga kita sendiri nantinya," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas