Tribun

Serapan Anggaran Capai 99 Persen, Komisi II DPR Apresiasi Kinerja Kemendagri dan BNPP

Komisi II DPR RI mengapresiasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang juga menjabat Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Muhammad Tito.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Serapan Anggaran Capai 99 Persen, Komisi II DPR Apresiasi Kinerja Kemendagri dan BNPP
Ist
Menteri Dalam Negeri yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Muhammad Tito Karnavian saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi II DPR RI di Gedung DPR RI, Senayan, Selasa (5/4/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi II DPR RI mengapresiasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang juga menjabat Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Muhammad Tito Karnavian atas kinerja kementerian dan badan yang dipimpinnya.

Dari sisi penyerapan anggaran tahun 2021, diketahui per 31 Desember 2021 telah terserap 99 persen.

"Dari yang kita lihat dari evaluasi penggunaan dan program anggaran, (BNPP) mendapatkan prestasi yang luar biasa. Jadi kita memberi apresiasi kepada Mendagri yang dalam melaksanakan tugas memiliki kinerja yang baik selama ini," kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia saat memberikan tanggapan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPR, Senayan, Selasa (5/4/2022).

"Saya kira kita juga harus memberi apresiasi kita karena sudah ada pos lintas batas negara (PLBN) yang baru di Sota, Merauke. Alhamdulillah 2 minggu lalu saya berkesempatan ke Sota. Bagus sekali," tambah Ahmad Doli, menyinggung paparan Mendagri yang melaporkan telah rampungnya pembangunan sejumlah PLBN oleh BNPP.

Selain itu, Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang juga memberikan pujian atas capaian Kemendagri.

Termasuk catatan Kemendagri yang telah meraih 10 penghargaan termasuk opini Wajar Tanpa Syarat (WTP) dari BPK.

"Tentu ini sesuai dengan capaian prestasi dan anggaran. Kalau saya baca-baca di Kemendagri ini tidak berlaku kinerja berbasis anggaran atau anggaran berbasis kinerja. Pokoknya kerja, kerja, kerja," ujarnya.

Apresiasi serupa disampaikan Anggota Komisi II DPR dari F-PKB, Luqman Hakim.

Ia menyoroti keberhasilan BNPP dalam merealisasikan anggaran hingga di atas 99 persen.

"Saya mengapresiasi kinerja dan realisasi anggarannya BNPP. Ini capaian yang hebat, hasil kerja keras Pak Mendagri dan jajaran. Semoga realisasi dinikmati oleh masyarakat sekarang dan ke depannya," tegasnya.

Diketahui, dalam rapat tersebut, Mendagri Tito Karnavian memaparkan capaian Kemendagri dan BNPP sepanjang 2021 dan target pada tahun 2022.

Baca juga: Dipercaya Kemendagri, Bank BJB Bakal Jalankan Program Digitalisasi Nusantara

Dikemukakan bahwa BNPP telah memperoleh opini WTP berturut-turut dalam lima tahun terakhir.

Sementara itu, Kemendagri meraih opini WTP berturut-turut dalam tujuh tahun terakhir.

Atas capaian kinerja khususnya dalam pengelolaan anggaran dan reformasi birokrasi, Kemendagri telah berhasil mencatat prestasi terdepan.

Di antaranya, Kemendagri menempati peringkat pertama dari 20 K/L nilai kinerja anggaran untuk kategori pagu sedang dan peringkat empat dari keseluruhan (87) K/L.

Baca juga: Masa Jabatan 101 Kepala Daerah Berakhir di Tahun 2022, Kemendagri Mulai Siapkan Pj Kepala Daerah

Kemendagri juga berada pada peringkat pertama untuk Indikator Pelaksana Kinerja Anggaran (IKPA) Satker terbaik kategori pagu besar dari KPPN Jakarta IV Kemenkeu untuk Inspektorat Jenderal.

Sementara Kemendagri melalui Ditjen Otda meraih peringkat 3 untuk IKPA kategori pagu sedang.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas