Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Staf Khusus Mensesneg Nilai Teguran Presiden kepada Menteri Tidak Terkait Reshuffle

Faldo Maldini mengatakakan bahwa teguran Presiden kepada menterinya tidak ada kaitannya dengan reshuffle atau perombakan kabinet.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Staf Khusus Mensesneg Nilai Teguran Presiden kepada Menteri Tidak Terkait Reshuffle
Youtube Sekretariat Kabinet
Presiden Joko Widodo (jokowi) dalam sidang kabinet paripurna, Selasa (6/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat marah kepada menterinya karena kurang berkomunikasi kepada masyarakat mengenai kondisi yang terjadi saat ini, diantarnya kenaikan harga minyak goreng dan Pertamax.

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Faldo Maldini mengatakakan bahwa teguran Presiden kepada menterinya tidak ada kaitannya dengan reshuffle atau perombakan kabinet.

Apa yang disampaikan Presiden merupakan dorongan kepada Menteri agar bekerja lebih baik.

"Semuanya sudah kerja baik, namun tentu ada yang perlu ditingkatkan. Presiden Jokowi kan memang pemimpin yang workaholic. Melihat sesuatu yang harus dikerjakan, ya harus selesai. Itu dorongan buat pembantu-pembantu Presiden," kata Faldo, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Daftar 4 Menteri yang Pernah Bicara Isu Penundaan Pemilu 2024, Ada Luhut hingga Bahlil Lahadalia

Meskipun demikian Faldo tidak heran apabila kemarahan presiden kepada menterinya tersebut dikaitkan dengan reshuffle kabinet. Karena menurut dia, yang berkaitan dengan menteri pasti selalu dikaitkan dengan perombakan kabinet. Jangankan teguran Presiden, soal hari saja, selalu dikaitkan dengan perombakan kabinet.

"Kalau dikaitkan dengan reshuffle, jangankan Presiden tegur menteri, soal hari saja orang udah kait-kaitkan dengan reshuffle. Tiap mau Rabu PON, teman-teman media langsung tanya reshuffle. Saya pun kadang tidak paham kapan Rabu PON. Saya tidak punya kalender Jawa," tuturnya.

BERITA TERKAIT

Soal reshuffle sendiri menurut Faldo hanya Presiden yang tahu apakah akan dilakukan atau tidak. Hanya saja yang pasti menurutnya jajaran kabinet sekarang ini sudah bekerja dengan optimal.

"Meskipun perlu terus evaluasi dan peningkatan. Evaluasi sudah rutin dilakukan. Ada yang sudah baik dibuat lebih baik lagi. Yang lemah diperkuat. Yang lambat dipercepat," pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil sejumlah menterinya dalam Sidang Kabinet yang ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, (6/4/2022).

Jokowi menyentil menteri karena kurang komunikasi kepada masyarakat saat terjadi kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng dan kenaikan harga pertamax.

"Tidak ada statement, tidak ada komunikasi, harga minyak goreng sudah 4 bulan, tidak ada penjelasan apa apa, kenapa ini terjadi. yang kedua pertamax, menteri juga tidak memberikan penjelasan apa apa, mengenai ini," kata Jokowi.

Seharusnya para menteri memiliki sense of crisis, dengan memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai kondisi yang terjadi. Jangan sampai kata Presiden, rakyat menilai pemerintah tidak melakukan apa-apa karena tidak memberikan penjelasan dengan kondisi yang terjadi.

"Jangan sampai kita ini seperti biasanya dan tidak dianggap oleh masyarakat enggak melakukan apa apa. Tidak ada statement, tidak ada komunikasi," katanya.

Presiden mengatakan dalam kondisi yang sulit seperti sekarang ini kebijakan yang diambil harus tepat. Kebijakan yang diambil harus sensitif pada kesulitan-kesulitan rakyat.

"Oleh sebab itu seluruh yang hadir di sini, anggota kabinet menteri, kepala lembaga agar kebijakan yang diambil itu tepat. sikap-sikap kita, kebijakan-kebijakan kita, pernyataan-pernyataan kita harus memiliki sense of crisis. Harus sensitif pada kesulitan-kesulitan rakyat," pungkasnya.

Pantauan Tribunnews, para Menteri yang hadir dalam sidang kabinet tampak menuliskan arahan presiden tersebut.

Termasuk Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan yang lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas