Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Selasa, 12 April 2022: Waspada Yogyakarta Hujan Lebat Disertai Angin

BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Selasa (12/4/2022), wilayah Yogyakarta berpotensi hujan lebat disertai angin.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Peringatan Dini BMKG Selasa, 12 April 2022: Waspada Yogyakarta Hujan Lebat Disertai Angin
Grafis/Rahmandito Dwiatno
Prakiraan Cuaca - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Selasa (12/4/2022), wilayah Yogyakarta berpotensi hujan lebat disertai angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Selasa (12/4/2022).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Siklon Tropis Malakas terpantau berada di Laut Filipina dengan kecepatan angin maksimum 50 knot dan tekanan udara minimum 990 mb.

Pergerakan sistem ini cenderung ke arah barat barat laut dan diprakirakan intensitasnya menguat untuk periode 24 jam ke depan.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 kt (low level jet) dari Filipina bagian selatan hingga Samudra Pasifik utara Papua.

Siklon Tropis Megi terpantau berada di daratan Leyte utara, Filipina dengan kecepatan angin maksimum 35 knot dan tekanan udara minimum 1000 mb.

Diperkirakan intensitas Siklon Tropis MEGI presisten dan almost stationary.

Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet tersebut.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG, Selasa, 12 April 2022: Waspada Cuaca Ekstrem di 26 Wilayah Indonesia

Baca juga: Hingga Minggu Siang, Belum Ada Laporan Dampak Gempa Jayapura

BERITA TERKAIT

Sirkulasi Siklonik terpantau di sekitar Thailand yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Sumatera Barat hingga Sumatera Utara.

Daerah Konvergensi lainnya terpantau memanjang dari pesisir barat Sumatera Barat hingga Riau, dari Sumatera Selatan hingga Jambi, dari perairan Selatan Jawa Barat hingga Banten, di Kalimantan bagian utara, di Papua Barat, dan Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Selasa, 12 April 2022 hingga Rabu, 13 April 2022:

Selasa, 12 April 2022

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas