Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cara Proses Perekrutan Kelompok Teroris NII, Calon Anggota Wajib Lewati Tiga Tahapan Baiat

Dijelaskan Aswin, keempat tahapan itu nantinya para calon anggota NII bakal dibekali materi oleh sejumlah pengurus.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Cara Proses Perekrutan Kelompok Teroris NII, Calon Anggota Wajib Lewati Tiga Tahapan Baiat
Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Kabag Ops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar (kanan). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Densus 88 Antiteror Polri belakangan masif menangkap anggota kelompok teroris jaringan Negara Islam Indonesia (NII). Mereka ditangkap di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) hingga Tangerang.

Seusai penangkapan itu, proses rekrutmen anggota kelompok organisasi telarang pun terungkap. Ada 4 tahapan yang harus dilewati calon anggota hingga resmi masuk sebagai 'warga' NII.

"Proses perekrutan anggota NII juga digelar secara terstruktur dan sistematis. Untuk bergabung menjadi ‘warga’ NII, seseorang harus melalui 4 tahap perekrutan yang disebut ‘pencorakan’, yaitu P1 (Pencorakan 1), P2, PL/P3, dan P4," kata Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Senin (18/4/2022).

Dijelaskan Aswin, keempat tahapan itu nantinya para calon anggota NII bakal dibekali materi oleh sejumlah pengurus. Khususnya, pembekalan materi nilai keislaman versi NII.

Baca juga: Perekrutan NII di Sumbar Terbongkar, 1.125 Orang Termasuk 77 Anak-anak Dicuci Otak serta Dibaiat

"Pada keempat tahap tersebut secara berjenjang tiap calon ‘warga’ akan diberi materi dan nilai-nilai terkait menghafal Sapta Subaya, pemahaman syari’at Islam dan ibadahnya, sejarah perjuangan umat Islam, ma’rifatul insan, siroh nabawi, dan berbagai nilai-nilai ‘keislaman’ versi NII," jelas Aswin.

Tak hanya itu, imbuh Aswin, para calon anggota NII juga diminta melewati tiga tahap baiat. Nantinya, mereka baru resmi diangkat sebagai pengurus atau pejabat di kepengurusan NII.

BERITA REKOMENDASI

"Setiap calon ‘warga’ juga akan melalui tiga tahap bai’at yaitu bai’at jama’ah imammah, bai’at NII/kenegaraan, dan bai’at perjuangan. Terkhusus bagi yang akan diangkat menjadi pengurus/pejabat, ada tambahan yaitu bai’at kepengurusan," pungkasnya.

Sekadar informasi, Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap setidaknya 16 tersangka terorisme jaringan Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (25/3/2022) lalu.

Baca juga: Ahli Jaringan Terorisme: Kehadiran Munarman di Arena Baiat Merupakan Bentuk Dukungan ke ISIS

Tak lama berselang, Densus kembali menangkap 5 orang tersangka teroris jaringan NII lainnya di daerah Tangerang Selatan, Banten pada Minggu (3/4/2022).

Adapun para tersangka diduga menginginkan untuk mengubah ideologi Pancasila dengan syariat Islam. Pada saat yang sama, mereka juga aktif merekrut anggota baru dari kalangan anak-anak di bawah umur.

Selain itu, para tersangka itu juga aktif melakukan kegiatan i'dad atau latihan ala militer secara rutin lewat berbagai kegiatan.

Mereka juga berniat menggulingkan pemerintah dengan memanfaatkan situasi jika terjadi kekacauan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas