Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cucu Pendiri Nahdlatul Ulama Apresiasi KSAD Jenderal Dudung Abdurachman Gelar MTQ

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang menggelar lomba Alquran atau Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN).

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Cucu Pendiri Nahdlatul Ulama Apresiasi KSAD Jenderal Dudung Abdurachman Gelar MTQ
Dok. Dispenad
MTQN TNI AD tahun 2022 di Gedung A.H. Nasution Mabesad, Jakarta. Senin, (18/4/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KH Solachul Aam Wahib Wahab atau Gus Aam, cucu seorang pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Wahab Hasbullah, mengapresiasi langkah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang menggelar lomba Alquran atau Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) TNI AD tahun 2022.

“Kegiatan ini bisa menjalin silaturahmi dan bermanfaat melahirkan qari-qariah terbaik dari prajurit TNI AD, yang mampu berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat,” ujar Gus Aam dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (20/4/2022).

Gus Aam mengatakan Lomba MTQ Nasional TNI AD ini dilaksanakan selama lima hari pada 18-22 April 2022 dengan mengusung tema “Melalui MTQN TNI AD 2022, KitaTingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT sebagai Landasan PengabdianKepada Bangsa dan Negara.”

"Kegiatan seperti ini tentu sangat bermanfaatmerekatkan Angkatan Darat dengan Umat. Angkatan Darat harus semakin dicintai umat dan rakyat Indonesia dan terus membekali prajuritnya keimanan dan ketakwaanpada Allah SWT,” ujarnya.

Dia menjelaskan, TNI lahir dari rakyat, khususnya dari Hizbullah dan Sabilillah, yang pada zaman kemerdekaan sebagian besar dipimpin para kiai, putra kiai, atau pun habaib.

Baca juga: Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman Resmi Membuka MTQN TNI AD

Menurut dia, pada saat itu tentara Hizbullah turut berjuang mempertahan kemerdekaan RI.

BERITA TERKAIT

"Jadi kedekatan antara ulama dengan TNI sangatlah erat bagaikan lem dan perangko. Tentu seluruh rakyat Indonesia sangat berharap TNI,ulama dan umat bersatu padu, bahu-membahu dalam rangka membangun kualitas sumber daya umat beriman bertakwa dan berakhlak mulia," jelas Gus Aam.

Lomba MTQ Nasional TNI AD ini diikuti 217 orang peserta yang berasal dari Kotama dan Balakpus TNI AD dengan materi lomba yaitu Tilawah, yang dibagi menjadi empat kategori.

Kategori putra terdiri dari prajurit dan PNS di lingkungan TNI AD, kategori putri terdiri dari Kowad, Persit, dan PNS di lingkungan TNI AD, serta kategori putra dan kategori putri dari masyarakat umum.

Baca juga: KSAD Jenderal Dudung Terima Penghargaan Padma Negara dari Puri Ageng Blahbatuh Gianyar

Ketua ormas Rekonsiliasi Masyarakat (Rekat) Indonesia, Eka Gumilar juga mengapresiasi langkah Jenderal Dudung yang melaksanakan MTQ pada bulan Ramadhan tahun ini.

“Ini sangat menyejukan dan membangun silaturahmi yang kuat. Diharapkan Angkatan Darat semakin dicintai rakyat,” kata Eka.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas