Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Sabtu, 30 April 2022: Waspada 27 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat hingga Angin

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk Sabtu (30/4/2022), waspada 27 wilayah berpotensi hujan lebat hingga angin.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Miftah
zoom-in Peringatan Dini BMKG Sabtu, 30 April 2022: Waspada 27 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat hingga Angin
suryamalang.tribunnews.com
Cuaca mendung - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk Sabtu (30/4/2022), waspada 27 wilayah berpotensi hujan lebat hingga angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk Sabtu (30/4/2022) besok.

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Bibit Siklon Tropis 98S terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah-Jawa Timur yang menginduksi low level jet di Samudra Hindia selatan NTT-Jawa Tengah dan membentuk daerah konvergensi memanjang di Samudra Hindia barat daya Banten.

Bibit Siklon Tropis 98W juga terpantau di daratan Kamboja yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Laut China Selatan hingga Vietnam, dari Vietnam hingga Kamboja, dan di Thailand.

Selain itu, terpantau pula Daerah Tekanan Rendah di Samudra Hindia barat Bengkulu serta Sirkulasi Siklonik di Laut Jawa bagian barat dan di Samudra Pasifik utara Maluku Utara-Papua Barat.

Sirkulasi-sirkulasi tersebut membentuk daerah konvergensi memanjang dari Samudra Hindia barat daya Banten-Lampung, dan Samudra Hindia barat Lampung hingga Lampung, dan di Samudra Pasifik utara Maluku Utara.

Baca juga: Banten Berpotensi Hujan Lebat, Kilat dan Angin Kencang, BMKG Minta Pemudik Waspada

Baca juga: BMKG Ungkap Ada Blank Spot di Kawasan Gunung Anak Krakatau

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis/daerah tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Sabtu, 30 April 2022 hingga Minggu, 1 Mei 2022:

BERITA REKOMENDASI

Sabtu, 30 April 2022

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Barat

• Riau

• Kep. Riau

• Bengkulu

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas