Tribun

Lebaran 2022

Jamaah Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Melebihi Kapasitas, Wapres Sempat Terhalang saat Masuk

setidaknya ada 300 ribu ebih jamaah yang menjalani ibadah salat Id di salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Jamaah Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Melebihi Kapasitas, Wapres Sempat Terhalang saat Masuk
Rizki Sandi Saputra
Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nazaruddin Umar saat ditemui awak media di Masjid Istiqlal usai salat Idul Fitri 1443 H, Senin (2/5/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar menyampaikan, jumlah jamaah salat Idul Fitri 1443H pada Senin (2/5/2022) melebihi kapasitas dari yang ditentukan oleh pihak panitia.

Di mana berdasarkan data yang diterima pihaknya, setidaknya ada 300 ribu lebih jamaah yang menjalani ibadah salat Id di salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

"Alhamdulillah kesan mereka sangat puas walaupun macet, karena saya perkirakan tadi bisa sampai 300ribu," kata Nazaruddin kepada awak media di Masjid Istiqlal usai salat Idul Fitri.

Adapun kapasitas dari masjid ini adalah 250 ribu, namun yang ditargetkan oleh pihak panitia dalam pelaksanaan ibadah salat idul fitri tahun ini hanya 150 ribu.

Dampaknya kata dia, para jamaah sampai memenuhi area pelataran Masjid yang biasanya dipakai untuk pameran. Bahkan pada pukul 07.03 WIB pintu masuk di segala arahnya sudah ditutup.

"Kapasitasnya 250 ribu tapi tadi itu sampai di jalan masuk depan (gereja) Katedral penuh semua, pelataran-pelataran yang biasa dipakai pameran itu dipenuhi semua, jam 07.03 WIB ditutup, jadi belum lagi dapat informasi gak bisa nembus istiqlal karena orang sudah padati tengah jalan," ucap Nazaruddin.

Lebih lanjut kata dia, atas kepadatan dan membludaknya jumlah jamaah salat idul fitri pada hari ini membuat Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin sempat terhalang saat masuk ke area dalam Masjid Istiqlal.

Bahkan, Ketua BAZNAS Noor Achmad yang merupakan khotib dalam ibadah salat idul fitri ini kata Nazaruddin harus menempuh perjalanan menggunakan ojek online untuk bisa menuju Masjid.

Baca juga: Wakil Ketua MPR RI Sayangkan Ketidakhadiran Jokowi di Masjid Istiqlal saat Salat Id

"Pak Wapres sempat terhalang, khatibnya tuh naik ojek, ketahan, jadi kami sudah siapkan semua kalo seandainya khatibnya berhalangan sampai 3 opsi kami," kata Nazaruddin.

Kendati dipenuhi jamaah, Nazaruddin memastikan selama jalannya ibadah salat idul fitri tahun ini secara keseluruhan berjalan lancar dan aman.

Dirinya juga memastikan tidak adanya masalah berarti mulai dari perayaan malam takbiran hingga ibadah salat idul fitri.

"Alhamdulillah mencapai puncak tadi sampai perdetik ini masih zero accident, anak-anak kecil, pemadam kebakaran juga kita siapkan siapa tau jatuh di lift, atau ada ular, kita 24 jam dokter, ambulans kalo seandainya ada apa-apa," tukas dia.

Diketahui, masyarakat muslim di seluruh Indonesia pada hari ini melaksanakan Salat Idul Fitri 1443 H.

Masjid Istiqlal yang lokasinya di Jakarta Pusat menjadi salah satu masjid terbesar yang menggelar ibadah salat id pada, Senin (2/5/2022). 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas