Tribun

Lebaran 2022

Wakil Ketua MPR RI Sayangkan Ketidakhadiran Jokowi di Masjid Istiqlal saat Salat Id

Ketidakhadiran Jokowi tersebut kata Fadel menuai banyak kekecewaan terutama para jamaah di Ibukota Jakarta.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Wakil Ketua MPR RI Sayangkan Ketidakhadiran Jokowi di Masjid Istiqlal saat Salat Id
Rizki Sandi Saputra
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad saat ditemui awak media di pelataran Masjid Istiqlal usai salat Idul Fitri 1443H berjamaah, Senin (2/5/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Fadel Muhammad turut buka suara atas ketidakhadiran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam ibadah salat Idul Fitri, di Masjid Istiqlal, Senin (2/5/2022) ini.

Diketahui, Jokowi beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan sang putra Kaesang Pangarep melaksanakan ibadah salat idul fitri di istana kepresidenan Yogyakarta.

Ketidakhadiran Jokowi tersebut kata Fadel menuai banyak kekecewaan terutama para jamaah di Ibukota Jakarta.

"Banyak yang kecewa (Jokowi tak hadir). ini kan ibu kota, harusnya diutamakan dulu," kata Fadel saat ditemui awak media di pelataran Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (2/5/2022).

Fadel mengungkapkan, kekecewaan tersebut dikarenakan pada tahun ini, merupakan yang pertama kalinya Masjid Istiqlal menggelar salat id setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Dirinya mengaku tidak mengetahui secara pasti pemilihan lokasi salat idul fitri yang dilakukan Jokowi beserta keluarga, sebab kata dia, tidak ada komunikasi yang diterimanya.

"Jawab saya juga tidak tahu, ini kan bagus momentumnya, tapi ya kami memang tidak ada komunikasi dengan Presiden," ucap Fadel. 

Terkait hal tersebut, dirinya berharap agar ke depan terjalin koordinasi untuk para pejabat yang ingin menjalani ibadah di perayaan hari raya.

"Menurut saya memang bagusnya (hadir di sini) tapi sudah kejadian ya insyaallah ke depan (ada koordinasi) karena kan ini Ibukota," tukas Fadel.

Baca juga: Airlangga: Jadikan Momentum Idul Fitri Menjaga Kekompakan-Persatuan Partai Golkar Jelang Pemilu 2024

Sebagai informasi, Masjid Istiqlal Jakarta kembali menggelar ibadah pelaksanaan salat idul fitri 1443 H setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Terpantau di masjid Istiqlal, para pejabat negara yang hadir yakni Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Wakil Ketua MPR RI Fadel Ahmad dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Tak hanya itu, beberapa tamu undangan negara seperti halnya para kedutaan besar negara sahabat juga hadir dalam pelaksanaan ibadah salat idul fitri tahun.

Kendati untuk sosok Presiden Joko Widodo hingga Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas tidak terlihat hadir di Masjid Istiqlal.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas