Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Rabu 4 Mei 2022: 27 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

BMKG merilis peringatan dini untuk Rabu, 4 Mei 2022, terdapat 27 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Rabu 4 Mei 2022: 27 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat
pixabay.com
Ilustrasi cuaca ekstrem - BMKG merilis peringatan dini untuk Rabu, 4 Mei 2022, terdapat 27 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Rabu (4/5/2022) besok.

Terdapat beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 27 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Sementara 5 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

BMKG menginformasikan, terdapat Bibit Siklon Tropis 90W terpantau berada di Laut Filipina sebelah utara Maluku Utara dengan kecepatan angin maksimum mencapai 15 knot dan tekanan udara minimum 1007.3 hPa.

Baca juga: Kepala BNPB: Secara Visual Aktivitas Anak Krakatau Tidak Mengkhawatirkan

Baca juga: Pemerintah Diminta Atasi Kemacetan Pelabuhan Merak Hingga Siaga Sikapi Erupsi Gunung Anak Krakatau

Sistem ini bergerak perlahan ke arah barat daya-barat dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan dalam kategori rendah.

Pusat Tekanan Rendah terpantau di Samudra Hindia barat Bengkulu yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang di Samudra Hindia barat Aceh-Sumatera Barat dan di Samudra Hindia barat Banten.

BERITA REKOMENDASI

Sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Andaman perairan sebelah utara Aceh dan di Laut Arafuru sebelah barat Papua yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari perairan barat Aceh hingga Aceh dan dari Papua hingga Maluku bagian selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Rabu (4/5/2022) besok:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas