Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menkominfo Jelaskan 5 Subtopik Isu Konektivitas Digital yang Dibahas di DEWG G20

Johnny Gerard Plate, menjelaskan lima subtopik dari isu konektivitas digital yang dibahas dalam sidang kedua DEWG G20 Indonesia.

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Menkominfo Jelaskan 5 Subtopik Isu Konektivitas Digital yang Dibahas di DEWG G20
DOK. Humas Kemenkominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate memberikan sambutan pada Gala Dinner bersama Delegasi DEWG G20 di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Rabu (18/5/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, menjelaskan lima subtopik dari isu konektivitas digital yang dibahas dalam sidang kedua Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi Group of Twenty (G20) 2022 Indonesia.

Sebagaimana diketahui, isu konektivitas dan pemulihan pasca pandemi Covid-19 merupakan satu di antara tiga isu prioritas DEWG untuk mewujudkan transformasi digital secara global.

Untuk itu, Menkominfo bersama delegasi DEWD membahas lima subtopik iisu kenektivitas digital.

Hal tersebut, disampaikan oleh Menkominfo saat menghadiri konferensi pers Sidang Kedua DEWG G20 di Yogyakarta, Rabu (18/5/2022) kemarin.

Baca juga: Sidang Kedua DEWG G20: Prokes Ketat dan Hadirkan Proses Pembuatan Wayang Kulit

“Dalam pembahasan konektivitas dan pemulihan pascapandemi Covid-19, kami membahas lima subtopik.”

“Yaitu people-centered digital connectivity, digital security as key enabler to support business Continuity, G20 Digital Innovation Network, Digital Tranformation Expo, dan International Telecommunication Union (ITU) Smart Village And Smart Island Initiative,” Jelasnya, dikutip Tribunnews.com dari Kominfo.go.id, Kamis (19/5/2022).

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Johnny G Plate memberikan keterangan pers perihal gangguan sistem komunikasi di beberapa wilayah Papua pascaputusnya kabel laut beberapa waktu lalu, di Gedung Kemkominfo, Jakarta Pusat, Senin (7/6/2021).
Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Johnny G Plate memberikan keterangan pers perihal gangguan sistem komunikasi di beberapa wilayah Papua pascaputusnya kabel laut beberapa waktu lalu, di Gedung Kemkominfo, Jakarta Pusat, Senin (7/6/2021). (Tribunnews/Jeprima)

Lebih lanjut, Johnny menjelaskan tentang subtopik pertama, yakni mengenai people-centered digital connectivity atau konektivitas digital yang berpusat pada masyarakat.

BERITA TERKAIT

Ia menyebut, bahwa konektivitas digital menjadi perhatian penting delegasi dalam sidang kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital.

Sebab, menurut Johnny, dalam pertemuan DEWG kedua, pembahasan mengenai pemulihan ekonomi pasca Covid-19 sangat didukung melalui pemanfaatan konektivitas digital.

Pemanfaatan konektivitas tersebut, utamanya dalam memecahkan berbagai persoalan masyarakat, serta memberdayakan masyarakat itu sendiri.

“Pandemi telah menunjukkan seberapa bergantungnya kita terhadap ekosistem digital di berbagai sektor publik, seperti pendidikan, kesehatan, dan pembangunan ekonomi,” ucapnya.  

Oleh karena itu, Delegasi DEWG G20 membahas pemahaman bersama mengenai pengembangan konektivitas digital yang berpusat pada masyarakat.

Kemudian, subtopik kedua, yaitu digital security as key enabler to support business continuity atau keamanan digital sebagai pengaktif utama untuk mendukung kelangsungan bisnis.

Dalam subtopik ini, Johnny menyatakan intensifikasi konektivitas digital secara tidak langsung juga memunculkan tantangan lain.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas