Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kementerian Kominfo Ajak Masyarakat Adopsi Teknologi Digital di Bidang Perikanan

13 kawasan menjadi prioritas peningkatan kemampuan adopsi teknologi digital 4.0 di tahun 2022, di antaranya Sumatera Utara dan Bangka Belitung.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kementerian Kominfo Ajak Masyarakat Adopsi Teknologi Digital di Bidang Perikanan
istimewa
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan saat ini Pemerintah tengah fokus pada adopsi teknologi digital 4.0.

Johnny mengungkapkan ada 13 kawasan yang menjadi prioritas peningkatan kemampuan adopsi teknologi digital 4.0 di tahun 2022.




13 kawasan tersebut, adalah Sumatera Utara, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Papua dan Papua Barat.

"Pemerintah berupaya mengoptimalisasi potensi dan produktivitas UMKM dengan mendorong digitalisasi bagi UMKM yang masih berjualan secara luring," ucap Johnny melalui keterangan tertulis, Sabtu (28/5/2022).

Kominfo bersinergi dengan Aruna yang berkomitmen untuk meringkas rantai pasok produk perikanan dengan menghubungkan nelayan skala kecil ke pasar global.

Ketua Tim Transformasi Digital Pertanian, Maritim, Logistik Wijayanto melaksanakan seremoni pengiriman ekspor produk perikanan berbasis digital dari Kabupaten Raja Ampat menuju pasar global.

Baca juga: Kemenkominfo Ajak Masyarakat Perangi Narkoba Menuju Indonesia Bersinar

BERITA TERKAIT

Chief Sustainability Officer & Co-founder Aruna Utari Octavianty mengatakan teknologi Aruna mengedepankan sustainability, traceability dan supply chain dalam proses bisnis.

"Kami berharap dengan adanya kolaborasi ini, nelayan Aruna semakin termotivasi dan semakin ter-upgrade level pengetahuan mereka tentang teknologi digital, khususnya teknologi Aruna," ucap Utari.

Utari mengatakan melalui teknologi, Aruna mampu meringkas proses supply chain yang panjang.

Sehingga berdampak pada kepastian harga jual yang aman dan adil bagi nelayan.

"Kami juga ingin mereka semakin kenal dan tahu manfaat dari teknologi Aruna dan juga kami harapkan kedepannya mereka dapat semakin familiar dan mampu menggunakan teknologi Aruna dengan baik," tutur Utari.

Aruna dibantu oleh Yayasan Maritim Nusantara Lestari mengedukasi nelayan Aruna agar memahami manfaat dan kegunaan dari teknologi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas