Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perludem Ingatkan Pemerintah untuk Buat Peta Riil Kondisi Tiap Daerah Sebelum Tunjuk Penjabat

Selain kondisi riil dan sesuai syarat, pemerintah diminta memperhatikan kepentingan daerah, serta mengevaluasi penjabat yang ditunjuk secara berkala.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Perludem Ingatkan Pemerintah untuk Buat Peta Riil Kondisi Tiap Daerah Sebelum Tunjuk Penjabat
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Anggota Dewan Pengawas Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini memberi keterangan kepada media terkait protokol kesehatan para paslon Pilkda Serentak yang akan berlangsung 9 Desember mendatang. TRIBUNNEWS.COM/IST 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Dewan Pembina Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengingatkan pemerintah untuk terlebih dulu membuat pemetaan kondisi riil masing-masing daerah, sebelum mengangkat penjabat kepala daerah.

Menurutnya pemetaan tersebut bisa mengungkap kebutuhan penjabat kepala daerah yang memenuhi syarat dan punya kemampuan yang sesuai dengan kondisi riil masing-masing daerah yang akan dijabatnya.

"Sehingga akan menghasilkan para penjabat kepala daerah yang berkualitas dalam memimpin daerahnya masing-masing untuk sementara," ungkap Titi dalam diskusi daring, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Perwira TNI-Polri Jadi Penjabat Kepala Daerah, Ini Kata BKN

Selain kondisi riil dan sesuai syarat, pemerintah juga diminta memperhatikan kepentingan daerah, serta mengevaluasi penjabat yang ditunjuk secara berkala.

Hal ini menurutnya sudah sesuai dengan rambu-rambu yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan.

"Mungkin dapat dilakukan penggantian apabila dipandang tidak mempunyai kapabilitas untuk memberikan pelayanan publik," terang Titi.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas