Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengenal Letjen TNI Purn Hinsa Siburian, Kepala BSSN: Belasan Tahun di Kopassus dan Sat-81 Gultor

Hinsa menceritakan kisah hidupnya berjuang lulus penerimaan bintara TNI AD, sebelum akhirnya masuk ke taruna hingga pernah bertugas dalam pasukan elit

Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tidak banyak masyarakat Indonesia mengenal tokoh militer Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian.

Pria yang belasan tahun bertugas di kesatuan Kopassus, pasukan elite TNI AD ini, berasal dari sebuah daerah Tarutung di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Hinsa menceritakan kisah hidupnya berjuang lulus penerimaan bintara TNI AD, sebelum akhirnya masuk ke taruna hingga pernah bertugas dalam pasukan elit Sat-81 Gultor Kopassus selama hampir 12 tahun.




Lebih dari itu, peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama Akabri (sekarang Akmil) 1986 itu juga telah berdinas selama 17 tahun di Korps Baret Merah.

Mengawali kariernya sebagai Komandan Unit Grup 1 Kopassus selepas lulus Akmil, berbagai jabatan di luar Korps Baret Merah pun pernah dilakoninya.

Terakhir, ia tercatat pernah menjabat sebagai Pangdam XVII Cenderawasih dan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad).

Dalam wawancara eksklusif dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, ia pun berbagi sekelumit pengalamannya di dunia militer.

BERITA TERKAIT

Pria kelahiran Tarutung, Sumatera Utara, 28 Oktober 1959 itu mengaku tidak langsung lulus menjadi Taruna Akmil ketika pertama kali mendaftar pada tahun 1979.

Bahkan, ia mengaku sempat pernah menjadi Bintara sebelum akhirnya kembali mendaftar sebagai Taruna Akmil dan lulus pada tahun 1986.

"Saya 17 tahun di Kopassus."

"Di pasukan dulu ada namanya Den-81 Gultor (sekarang Sat-81), antiteror, saya di situ hampir 12 tahun."

"Baru dari situ dinaslah ke mana-mana."

"Terakhir di Papua, sebagai Pangdam dan terakhir sekali menjadi Wakasad," kata Hinsa di kantor redaksi Tribunnews.com, Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022).

Selama malang melintang di dunia militer, Hinsa mengatakan telah merasakan empat kali melasksanakan tugas operasi di Timor-Timur.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas