Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Relawan Jokowi: Kehadiran Pancasila menjadi Ideologi dan Falsafah Pemersatu Bangsa

Acara yang mengusung tema Sumpah Setia Tegak Lurus Pancasila & Doa Lintas Agama ini dihadiri ratusan masa dari berbagai organisasi relawan Jokowi.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Relawan Jokowi: Kehadiran Pancasila menjadi Ideologi dan Falsafah Pemersatu Bangsa
Istimewa
Aliansi Relawan Militan Jokowi menggelar rangkaian kegiatan diantaranya pembacaan dan penandatangan Sumpah Setia Tegak Lurus Pancasila hingga longmarch parade garuda dan bendera merah putih. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila 1 Juni 2022, Aliansi Relawan Militan Jokowi menggelar rangkaian kegiatan diantaranya pembacaan dan penandatangan Sumpah Setia Tegak Lurus Pancasila hingga longmarch parade garuda dan bendera merah putih.

Penanggung jawab acara Silfester Matutina mengatakan, acara yang mengusung tema Sumpah Setia Tegak Lurus Pancasila & Doa Lintas Agama ini dihadiri ratusan masa dari berbagai organisasi Relawan Jokowi.

Silfester menyebut, bahwa Pancasila adalah hadiah terindah Tuhan untuk bangsa Indonesia melalui sang Proklamator Bung Karno sebagai penggali Pancasila.

“Kehadiran Pancasila selain menjadi Ideologi dan falsafah bangsa kita juga menjadi pemersatu bangsa kita. Oleh karena itu, kehidupan sehari-hari kita harus berlandaskan dan bernafaskan Pancasila," ujar Silfester Matutina dalam keterangannya, Kamis (2/6/2022).

Ia mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan terus mengingatkan arti penting Pancasila dalam setiap nadi kehidupan bangsa.

Dan juga yang terpenting harus menanamkan nilai nilai luhur Pancasila kepada anak-anak penerus Bangsa.

BERITA TERKAIT

"Jangan sampai kita semua dan anak anak cucu kita tidak mengerti apa itu makna Pancasila dan melupakan Pancasila. Sehingga tidak lagi menjadi pribadi pribadi yang Pancasilais sejati," sambungnya.

Baca juga: Tak Sempat Bertemu Langsung, Presiden Jokowi Kirimkan Bantuan untuk Nenek Sofia

Ketua Panitia Acara Monisyah menambahkan, kegiatan acara ini juga menggelar doa bersama dari 6 perwakilan agama.

Acara di akhiri dengan pembacaan dan penandatangan Sumpah Setia Tegak Lurus Pancasila yang dipimpin Diddy Budiono. Berikut bunyinya;

Kami Bangsa Indonesia dengan ini Bersumpah;

1. Setia Tegak Lurus kepada Pancasila sebagai ideologi, dasar negara, falsafah hidup dan budaya bangsa Indonesia.

2. Setia Tegak Lurus untuk menolak dan menghancurkan semua paham dan  musuh yang bertentangan dengan Pancasila demi Keutuhan NKRI.

3. Setia dan Tegak Lurus mengamalkan  Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas