Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSAL: Anggaran Pemeliharaan dan Perawatan Alutsista Juga Jadi Prioritas dalam RAPBN 2023

Ia menjelaskan saat ini alutsista TNI AL rata-rata berusia sudah tua, sehingga perlu perawatan secara berkala setiap tahunnya.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in KSAL: Anggaran Pemeliharaan dan Perawatan Alutsista Juga Jadi Prioritas dalam RAPBN 2023
Tribunnews.com/Gita Irawan
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bersama jajaran di Mabesal Cilangkap Jakarta pada Rabu (8/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan anggaran pemeliharaan dan perawatan alutsista TNI AL juga menjadi yang utama dalam Rencana APBN 2023.

Ia menjelaskan saat ini alutsista TNI AL rata-rata berusia sudah tua, sehingga perlu perawatan secara berkala setiap tahunnya.




Selain itu, menurutnya jumlah pengadaan kapal saat ini tidak sebanding dengan kapal TNI AL yang tua karena adanya keterbatasan anggaran.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Dislitbangad, Tempat Uji Perlengkapan hingga Alutsista TNI AD

Dengan demikian, kata dia, TNI AL memaksimalkan dan mengoptimalkan pemeliharaan dan perawatan unsur-unsur alutsita TNI AL baik itu KRI, pesawar udara, maupun kendaraan tempur Marinir.

"Untuk anggaran alutsista, baik pemeliharaan dan perawatan ini juga menjadi yang utama," kata Yudo di Mabesal Cilangkap Jakarta pada Rabu (8/6/2022).

Terkait rencana pengadaan, kata dia, dalam rencana APBN 2023 Angkatan Laut akan memprioritaskan pada kapal-kapal patroli, kapal LST, dan kapal bantu.

BERITA TERKAIT

Sedangkan untuk kapal-kapal fregat, kata dia, pengadaannya akan dilakukan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Baca juga: TNI AD Bantah Proyek Alutsista Dikuasai Sahabat Jenderal Dudung, Penyebar Isu Diadukan ke Polisi

"Sehingga sudah kita rencanakan berapa kebutuhan kapal patroli kita untuk menggantikan kapal-kapal patroli kita yang sudah tua," kata Yudo.

Saat ini, kata Yudo, rencana APBN 2023 tersebut masih dibahas bersama DPR RI.

Sebelumnya, Yudo bersama jajaran TNI dan Kemhan juga telah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR RI pada Senin (6/6/2022).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas