Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahfud Ingatkan Pj Kepala Daerah soal IKN: Jangan Terprovokasi, Pemerintah Mulai Pindah Juli 2024

Mahfud MD meminta kepada Penjabat (Pj) Kepala Daerah untuk tidak lagi terprovokasi soal jadi atau tidaknya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Mahfud Ingatkan Pj Kepala Daerah soal IKN: Jangan Terprovokasi, Pemerintah Mulai Pindah Juli 2024
Ist
Mendagri, Tito Karnavian bersama Menko Polhukam, Mahfud MD menghadiri rapat koordinasi (rakor) bersama Penjabat (Pj) Kepala Daerah di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD meminta kepada Penjabat (Pj) Kepala Daerah untuk tidak lagi terprovokasi soal jadi atau tidaknya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Hal ini dikatakan Mahfud saat memberikan pengarahan kepada para PJ Kepala Daerah dalam rapat koordinasi (rakor) di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022).

"Penyiapan IKN itu juga menjadi tugas saudara-saudara agar sesuai dengan rencana UU No. 19 tidak boleh terprovokasi lagi 'ini jadi apa enggak, ini dibatalkan apa enggak, harus jadi," kata Mahfud dalam arahannya.

Dia menerangkan pemerintah pusat akan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Juli 2024. Dia menyebut upacara Hari Kemerdekaan 2024 akan dipusatkan di IKN.

"2024 bulan Juli atau Agustus, pemerintah akan mulai pindah ke sana dan insyaallah 17 Agustus 2024 upacara diselenggarakan atau dipusatkan di IKN yang baru ini. Jangan sampai terprovokasi," jelasnya.

Baca juga: GAMKI: Pemindahan IKN Nusantara Wujud Pembangunan Indonesia

Di samping itu, Mahfud juga meminta masyarakat ikut dalam pembangunan.

BERITA TERKAIT

Menurutnya, masyarakat dapat membantu dalam antisipasi dan persiapan IKN.

"Kemudian supaya melibatkan masyarakat di dalam pembangunan. Masyarakat dapat berupa antisipasi, dalam proses persiapan pembangunan, pengelola IKN dalam bentuk konsultasi publik musyawarah dan sebagainya dan penataan ruang Nusantara tetap mengacu pada tata ruang Pulau Kalimantan," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas