Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Zulkifli Hasan Masuk Kabinet, Ketua DPP Golkar: Bukti KIB Kawal Pemerintahan Jokowi hingga  2024

Partai Golkar mengapresiasi masuknya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) ke jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Willem Jonata

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Golkar mengapresiasi masuknya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) ke jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Zulkifli Hasan didaulat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan posisi Muhammad Lutfi.

Menurut Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily, masuknya Zulhas menjadi bukti Koalisi Indonesia Bersatu yang digagas tiga partai politik akan mengawal kebijakan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin hingga 2024.

Untuk diketahui tiga partai politik yakni Partai Golkar, PAN, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggagas KIB untuk menghadapi pemilu 2024.

Baca juga: Punya Kapasitas dan Pengalaman, Zulkifli Hasan Dipandang Layak Bantu Jokowi

"Kami mengucapkan selamat kepada Pak Zulkifli Hasan yang mendapatkan mandat baru sebagai Menteri Perdagangan RI"

Menteri Perdagangan yang baru, Zulkifli Hasan memberikan keterangan pers usai acara serah terima jabatan dengan Muhammad Lutfi di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). Pada kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa ia akan menyelesaikan persoalan minyak goreng termasuk minyak goreng curah yang saat ini masih cukup tinggi di pasaran. Zulkifli Hasan mengaku baru diberi tahu akan menduduki jabatan Menteri Perdagangan pada Selasa malam. Tribunnews/Jeprima
Menteri Perdagangan yang baru, Zulkifli Hasan memberikan keterangan pers usai acara serah terima jabatan dengan Muhammad Lutfi di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). Pada kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa ia akan menyelesaikan persoalan minyak goreng termasuk minyak goreng curah yang saat ini masih cukup tinggi di pasaran. Zulkifli Hasan mengaku baru diberi tahu akan menduduki jabatan Menteri Perdagangan pada Selasa malam. Tribunnews/Jeprima (TRIBUNNEWS/JEPRIMA)

"Terpilihnya Pak Zulkifli sebagai Ketum PAN yang bersama-sama dengan Partai Golkar menggagas KIB menunjukan bahwa KIB ini akan mengawal Kebijakan Pemerintahan Jokowi hingga tahun 2024," ujar Ace Hasan, kepada Tribunnews.com, Rabu (15/6/2022).

Karena itu Golkar menyambut baik masuknya Ketua Umum PAN dalam kabinet Indonesia Maju.

Baca juga: Zulkifli Hasan Soal Sosok Pengganti Dirinya Sebagai Wakil Ketua MPR RI: Itu Babak Berikutnya

BERITA TERKAIT

Ace  meyakini Zulhas akan mampu menyelesaikan aneka persoalan di kementerian perdagangan, khususnya, terkait permasalahan minyak goreng. 

"Pak Zulkifli Hasan memiliki pengalaman dalam Pemerintahan sebelumnya dan dinilai sukses dalam memimpin di kabinet sebelumnya."

"Kami yakin di bawah kepemimpinan beliau, berbagai permasalahan Perdagangan dapat diatasi dengan baik, terutama tentang permasalahan minyak goreng," jelas Wakil Keta Komisi VIII DPR RI ini. 

Sebelumnya, Zulhas berjanji akan menyelesaikan persoalan minyak goreng secara cepat dengan harga terjangkau.

"Minyak goreng yang lama tidak selesai itu, saya kira mudah-mudahan dengan cepat kita selesaikan ketersediaan dan harganya terjangkau," kata Zulkifli Hasan seusai serat terima jabatan Menteri Perdagangan di kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (15/6/2022).

Zulkifli Hasan mengaku hanya memiliki waktu yang pendek dalam mengatasi persoalan harga pangan seperti minyak goreng, sehingga diperlukan kerja yang cepat dalam penyelesaiannya.

"Dengan background yang saya punya pengalaman panjang di pemerintahan, saya dulu di komisi VI DPR tahun 2004, saya mitranya perdagangan. Jadi kita memang mesti bekerja cepat," papar Zulhas.

Namun, Zulkifli Hasan tidak dapat menyebut langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan dalam menstabilkan harga minyak goreng khususnya curah, sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp 14 ribu per liter.

Ia menyebut, tidak membuat kebijakan baru soal minyak goreng, tetapi lebih meneruskan apa yang telah dibuat dan menyempurnakan yang belum sempurna.

"Sebulan yang lalu, saya pernah berdiskusi dengan teman-teman pelaki usaha minyak sawit ada skala prioritas, apa? Rp 14 ribu minyak curah sampai ditempat ada barangnya itu yang tidak tuntas, tapi nanti disampaikan satu dua hari," ujarnya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas