Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Muhibah Jalur Rempah Pertemukan Pimpinan 4 Kesultanan Maluku Kie Raha di KRI Dewaruci

Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 mempertemukan empat pimpinan di  Kesultanan Maluku Kie Raha, yaitu Ternate, Tidore, Jailolo

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Muhibah Jalur Rempah Pertemukan Pimpinan 4 Kesultanan Maluku Kie Raha di KRI Dewaruci
Istimewa
Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 mempertemukan empat pimpinan di  Kesultanan Maluku Kie Raha, yaitu Ternate, Tidore, Jailolo, dan Bacan saat saat gala dinner di atas geladak KRI Dewaruci yang bersandar di Pelabuhan Trikora, Tidore, 15 Juni 2022.   

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 mempertemukan empat pimpinan di  Kesultanan Maluku Kie Raha, yaitu Ternate, Tidore, Jailolo, dan Bacan.

Pertemuan tersebut dilakukan saat gala dinner di atas geladak KRI Dewaruci yang bersandar di Pelabuhan Trikora, Tidore, 15 Juni 2022.

Pertemuan empat kesultanan ini menjadi sejarah sebab merupakan pertemuan pertama mereka setelah sekian lama.

Mereka merundingkan dan membahas tentang pemajuan kebudayaan Maluku Kie Raha sebagai kepulauan rempah-rempah yang menjadi percontohan daerah-daerah di provinsi lain.

Selain empat kesultanan Maluku Kie Raha, jamuan ini turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid, Direktur Pemanfaatan dan Kebudayaan Restu Gunawan, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Ahmad Mahendra, serta pejabat setempat.

Baca juga: Bukan Hanya Jadi Kenangan, Jalur Rempah Memiliki Arti Penting di Masa Sekarang

Sultan Ternate menegaskan bahwa pertemuan 4 kesultanan ini merupakan peristiwa bersejarah.

BERITA TERKAIT

“Kehadiran kami di geladak KRI Dewaruci merupakan pengulangan 500 tahun lalu nenek moyang kami naik ke kapal Galleon Belanda,” pungkas Hidayatullah Sjah dalam keterangan tertulis, Jumat (17/6/2022).

“Pada 1322 bangsa Ternate membangun peradaban, memperluas peradabannya dengan membangun penataan pemerintahan yang lebih lengkap dengan membentuk konfederasi yang namanya Moluku Kie Raha, menggabungkan tiga saudaranya menjadi satu di dalam konferensi Moti. Saya yakin pada masa mendatang bahwa akan datang satu fase di mana peradaban gemilang kami akan kembali,” tegasnya.

Perdana Menteri Sultan Bacan mengatakan bahwa pertemuan empat sultan di atas KRI Dewaruci juga menjadi bagian dari sejarah perjalanan rempah.

“Perjalanan rempah telah dilaksanakan di sini, ada beberapa pulau yang meliputi berbagai suku dan ini disertai pula dengan adanya diplomasi. Dari diplomasi inilah muncul tata krama,” jelas Mochdar Salim Arief.

Sultan Jailolo pun turut menambahkan dan mengapresiasi dengan agenda Muhibah Budaya Jalur Rempah ini.

“Apresiasi kami kepada Pak Dirjen karena telah mengimplementasikan masing-masing kerajaan. Terima kasih dengan agenda ini, kerajaan-kerajaan akhirnya bisa hadir, dan merepresentasikan budayanya,” kata Ahmad Sjah.

“Di Tidore ini, kami berterima kasih dengan agenda Muhibah Budaya Jalur Rempah ini yang mempertemukan kita semua. Inilah yang jarang sekali terjadi, kami akhirnya duduk di meja bersama, momen yang jarang sekali terjadi, empat kerajaan ini duduk bersama,” tambah Iskandar S. Alting, Jou Mayor Kesultanan Tidore.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas