Tribun

Ibadah Haji 2022

Menteri Agama Yaqut Kenang Waktu Jalani Ibadah Haji Pertamanya Tahun 2004: Mirip Ikan Pindang

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas bernostalgia saat mengunjungi lokasi tenda yang akan dipakai jemaah haji Indonesia di Arafah, Selasa (5/7/2022).

Penulis: Aji Bramastra
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Menteri Agama Yaqut Kenang Waktu Jalani Ibadah Haji Pertamanya Tahun 2004: Mirip Ikan Pindang
Tribunnews.com/Aji Bramasta
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengunjungi lokasi tenda yang akan dipakai jemaah haji Indonesia di Arafah, Selasa (5/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Aji Bramastra

TRIBUNNEWS.COM, MEKKAH - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengunjungi lokasi tenda yang akan dipakai jemaah haji Indonesia di Arafah, Selasa (5/7/2022).

Saat berada di dalam tenda, Yaqut berbaring di kasur busa yang akan digunakan para jemaah.

Pria yang kini populer dipanggil Gus Men alias Gus Menteri di lingkungan Kemenag itu kemudian membandingkan fasilitas yang ada di Arafah saat ini, dengan haji pertama yang ia lakoni tahun 2004.

Saat itu, ia mengaku berhaji dengan ikut rombongan haji reguler.

"Sekarang jauh lebih baik. Saya pernah ikut haji reguler tahun 2004, saat itu kondisi di dalam tenda mirip ikan pindang," seloroh Yaqut.

Menurut Yaqut, kondisi tenda di Arafah saat ini mewah, bila dibandingkan dengan pelaksanaan haji sebelumnya.

Apalagi, katanya, untuk sekedar transit saja.

"Bandingkannya harus dengan Arafah di haji sebelumnya. Harus apple to apple. Kalau dibandingkan dengan fasilitas di hotel, ya tentu jauh," ujar Gus Men.

Meski menilai kondisi tenda Arafah jemaah Indonesia sudah baik, tapi Yaqut berjanji akan mengupayakan satu-dua perbaikan.

Baca juga: Reaksi Menteri Agama Setelah Lihat Tenda di Arafah: Dulu Saya Ibadah Haji Nggak Sebagus ini

"Pendingin udara akan ditambah gimana caranya supaya lebih dingin. Juga jumlah toilet akan diupayakan ditambah," kata Yaqut.

Puncak ibadah haji yakni berkegiatan di Arafah, Muzdalifa dan Mina akan berlangsung mulai Jumat (8/7/2022) mendatang. (*)

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas