Tribun

Julianto Eka Putra dan Kasus Seksual

PROFIL Julianto Eka Putra: Pendiri Sekolah, Kini Terdakwa Kasus Pelecehan, Korbannya Mulai Bersuara

Julianto Eka Putra dikenal sebagai motivator ternama dan memiliki sekolah gratis, namanya kini ramai dibahas dengan dugaan pelaku pelecehan seksual.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in PROFIL Julianto Eka Putra: Pendiri Sekolah, Kini Terdakwa Kasus Pelecehan, Korbannya Mulai Bersuara
Kolase Kompas/Tribun Medan
Julianto Eka Putra mendadak menjadi viral di sosial media, namanya kini viral karena diduga menjadi pelaku kekerasan seksual. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Julianto Eka Putra mendadak jadi sorotan publik ketika inisial nama 'JE' muncul ke permukaan diduga akibat kasus pelecehan seksual.

Berita tersebut diketahui ketika dua orang korban kasus pelecehan yang diduga dilakukan oleh motivator berinisial 'JE', dihadirkan di kanal YouTube Podcast Deddy Corbuzier, yang ditampilkan pada hari ini Rabu, 6 Juli 2022.

Dengan hadirnya dua orang korban pelecehan dari motivator berinisial 'JE' di Podcast Deddy Corbuzier, banyak masyarakat yang menebak jika inisial tersebut adalah Julianto Eka Putra.

Saat bersaksi kepada Deddy Corbuzier, korban bukan hanya dicabuli berkali-kali, korban juga kerap mendapatkan tindak kekerasan verbal oleh Julianto Eka Putra.

Baca juga: Julianto Eka Segera Jalani Sidang Tuntutan, Komnas PA: Predator Kejahatan Seksual Harus Dihukum

Ternyata, kasus Julianto Eka Putra sudah bergulir di Pengadilan Negeri Malang sejak tahun 2021 lalu.

Kasus ini mulai terkuak usai sejumlah mantan siswa bersuara dan melaporkan tindakan asusila terdakwa ke pihak kepolisian.

Dikutip dari tayangan Kompas Tv korban kekerasan seksual Julianto Eka Putra diprediksi mencapai 40 orang.

Kesimpulan itu diambil Komnas Perlindungan Anak lantaran dugaan kekerasan seksual yang dilakukan Julianto Eka Putra sudah terjadi sejak tahun 2009 di angkatan pertama sekolah tersebut.

Baca juga: Siapa Julianto Eka Putra? Pendiri Sekolah Gratis yang Jadi Terdakwa Kasus Pelecehan Seksual

Sosok Julianto Eka Putra

Julianto Eka Putra, lahir 8 Juli 1972 yang akrab disapa sebagai Ko Jul merupakan seorang pebisnis, praktisi, dan motivator asal Indonesia, yang gemar membaca buku dan menonton film.

Julianto Eka Putra merupakan anak dari pasangan Tonny Singgih Utama dan Yanny Sindawati.

Ko Jul merupakan anak sulung dari 3 bersaudara. Ia menikah dengan Yenny Tantono tahun 1998 dan memiliki tiga orang anak.

Pada 2018, Julianto Eka Putra menjadi salah satu peserta nominasi Kick Andy Heroes. Namun, pemenang Kick Andy Heroes 2018 adalah Reky Martha.

Pada 5 Agustus 2021 Julianto Eka Putra ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pelecehan seksual yang dilakukan terhadap siswa SMA Selamat Pagi Indonesia.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas