Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei LSI Denny JA: Poros Gerindra-PKB Menang di Pemilih Muslim Dibandingkan Poros KIB dan PDIP

Poros Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diprediksi memenangkan suara di pemilih muslim pada Pilpres 2024 mendatang.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Survei LSI Denny JA: Poros Gerindra-PKB Menang di Pemilih Muslim Dibandingkan Poros KIB dan PDIP
Ist
Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.Survei LSI Denny JA: Poros Gerindra-PKB Menang di Pemilih Muslim Dibandingkan Poros KIB dan PDIP 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Poros Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diprediksi memenangkan suara di pemilih muslim pada Pilpres 2024 mendatang.

Mereka unggul dibandingkan dua poros lain yaitu poros Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan PDIP.

Hal tersebut terungkap dari hasil survei LSI Denny JA pada 24 Mei 2022 hingga 7 Juni 2022. Adapun survei itu melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia.

"Pemilih muslim adalah kantong besar suara karena populasinya kurang lebih 90 persen pemilih. Di kantong suara pemilih muslim, saat ini Poros Gerindra PKB unggul dibandingkan poros lain," kata Peneliti LSI Denny JA, Ade Mulyana di Kantor LSI, Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Rinciannya, dukungan terhadap poros Gerindra-PKB sebesar 20,1 persen, poros KIB 17,3 persen dan poros PDIP 18,7 persen. Sementara itu, partai lainnya 16,7 persen dan tidak menjawab 27,2 persen.

Baca juga: Survei LSI Denny JA Ungkap Alasan Gerindra, PKB, PKS, NasDem dan Demokrat Tak Kunjung Gabung Koalisi

"Mengapa pers Gerindra-PKB unggul di kantong suara ini? karena ada PKB yang menarik banyak pemilih Islam terutama kelompok Islam tradisional atau NU," jelas Ade.

Lebih lanjut, Ade menambahkan bahwa pemilih tersebut masih bisa berubah tergantung dengan figur capres dan cawapres yang diusung oleh ketiga poros tersebut.

BERITA REKOMENDASI

"Dukungan pemilih poros PDIP, poros KIB dan poros Gerindra dan PKB masih dapat berubah tergantung pada akhirnya pada tokoh capres dan Cawapres masing masing dari tiga poros itu," pungkasnya.

Sebagai informasi, metode survei LSI Denny JA menggunakan riset kualitatif yang dimulai sejak 24 Mei 2022 hingga 7 Juni 2022.

Adapun survei itu melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan margin of error survei tersebut mencapai kurang lebih 2,9 persen.

Selain survei, LSI Denny JA juga mengunakan riset kualitatif analisis media dan indept interview untuk memperkuat temuan dan analisa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas