Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dubes Zuhairi Misrawi Promosikan Islam Moderat ala Indonesia di Tunisia

Dubes RI untuk Tunisi, Zuhairi Misrawi menjelaskan perihal kekhususan dan kekhasan islam Indonesia yang dikenal moderat, toleran, dan berkemajuan.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Dubes Zuhairi Misrawi Promosikan Islam Moderat ala Indonesia di Tunisia
KBRI Tunis
Duta Besar (Dubes) RI untuk Tunisi, Zuhairi Misrawi mengisi program dialog al-Asyawiyyah di Insen TV, Tunisia, Selasa (19/7/2022). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, TUNIS - Duta Besar (Dubes) RI untuk Tunisi, Zuhairi Misrawi mengisi program dialog al-Asyawiyyah di Insen TV, Tunisia, Selasa (19/7/2022).

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia mendapatkan perhatian khusus dan banyak yang ingin tahu lebih jauh perihal latar historis dan karakter utama umat islam Indonesia.

Dubes Zuhairi Misrawi menjelaskan perihal kekhususan dan kekhasan islam Indonesia yang dikenal moderat, toleran, dan berkemajuan.

"Indonesia mulai dikenal sebagai sahabat Tunisia. Dalam enam bulan ini, saya selalu menyegarkan kembali ingatan kolektif, bahwa Indonesia-Tunisia sudah bersahabat sejak tahun 50-an hingga sekarang, khususnya melalui persahabatan Sukarno dan Habib Bourgaiba."

Baca juga: KBRI Tunis Gelar Diplomasi Puisi Indonesia -Tunisia

"Namun, bersamaan dengan itu pula ada keinginan dari warga Tunisia untuk mengenal latar historis dan karakter utama Islam Indonesia. Sebab itu, saya mengenalkan Islam moderat ala Indonesia yang disokong penuh oleh kedua ormas, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah", ujar Zuhairi Misrawi dalam keterangan resminya kepada Tribunnews.com, Rabu (20/7/2022).

Zuhairi Misrawi juga menjelaskan perihal akulturasi antara Islam dan budaya.

Baca juga: Dubes Zuhairi Misrawi : Kebudayaan Eratkan Hubungan Indonesia -Tunisia

BERITA TERKAIT

Sehingga corak keislaman di Indonesia berkebudayaan.

"Saya menjelaskan perihal dakwah Walisongo yang menggunakan kebudayaan sebagai instrumen untuk menyebarluaskan ajaran Islam. Saya sengaja membawa wayang ke studio Insen TV untuk mengenalkan latar historis dan karakter utama Islam Indonesia. Islam tersebar di seantero Nusantara melalui budaya, bukan pertumpahan darah", ujarnya.

Ia juga menjelaskan pentingnya akhlak ditanamkan kepada umat Islam sejak dini, karena hal tersebut dapat memperkokoh fondasi Islam moderat.

Baca juga: Momen Dubes RI untuk Tunisia Promosikan Moderasi Islam Ala Indonesia 

"Kami sejak di pesantren-pesantren diajarkan, bahwa akhlak dan keteladanan lebih penting daripada retorika. Ada pesan berbunyi, keteladanan lebih utama daripada retorika," katanya.

"Sebab itu, Islam yang ramah, murah senyum, merangkul, dan berpihak pada kaum lemah menjadi hal yang menonjol di Indonesia," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas