Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keluarga Brigadir J Sampaikan Terima Kasih Kapolri Menonaktifkan Karo Paminal dan Kapolres Jaksel

Keluarga Brigadir J menyampaikan terima kasih kepada Kapolri soal penonaktifan Karo Paminal Mabes Polri dan Kapolres Metro Jakarta Selatan.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Keluarga Brigadir J Sampaikan Terima Kasih Kapolri Menonaktifkan Karo Paminal dan Kapolres Jaksel
Kloase Tribunnews.com
Keluarga Brigadir J menyampaikan terima kasih kepada Kapolri soal penonaktifan Karo Paminal Mabes Polri dan Kapolres Metro Jakarta Selatan. Foto Irjen Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan, dan Kombes Budhi Herdi Susanto. Ketiganya dinonaktifkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dari jabatannya terkait kasus kematian Brigadir J. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pihak keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J angkat bicara soal penonaktifan Karo Paminal Mabes Polri Brigjen Hendra Kurniawan dan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto.

Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak menyatakan bahwa pihaknya sudah menghubungi pihak keluarga terkait keputusan penonaktifan dua perwira tersebut.

Mereka pun menyampaikan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: UPDATE Kasus Brigadir J: Kapolres Jaksel dan Karo Paminal Dinonaktifkan hingga soal Temuan CCTV

"Tadi saya informasikan ini kepada keluarga, kepada klien kami, mereka berterima kasih," kata Kamaruddin Simanjuntak di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (21/7/2022) dini hari.

Kamaruddin menyatakan pihaknya telah menerima informasi penonaktifan itu dalam gelar perkara awal kasus dugaan percobaan pembunuhan Brigadir J di Bareskrim Polri, Jakarta, sejak Rabu (20/7/2022).

Pihaknya memberikan kesempatan penyidik untuk bekerja mengusut penyebab kematian Brigadir J secara terang benderang.

BERITA TERKAIT

"Jadi kita beri lah kesempatan kepada penyidik supaya penyidik menyidik dengan baik dan dalam pemeriksaan tadi," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutuskan menonaktifkan Brigjen Hendra Kurniawan dari jabatan Karo Paminal Polri dan Kombes Budhi Herdi dari jabatan Kapolres Jakarta Selatan.

Keduanya dinonaktifkan buntut kasus baku tembak di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang menewaskan Brigadir Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Baca juga: Daftar Perwira Polri yang Dicopot dari Jabatannya Terkait Tewasnya Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo

"Pada malam hari ini Pak Kapolri memutuskan untuk menonaktifkan dua orang. Karo Paminal Brigjen Pol Hendra Kurniawan. Kedua yang dinonaktifkan adalah Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Dedi menuturkan nantinya Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yang bakal menentukan sosok untuk menduduki jabatan Kapolres Jakarta Selatan.

Namun, tidak dijelaskan siapa pengganti Brigjen Pol Hendra Kurniawan.

"Siapa pejabat sementaranya akan secara administratif ditunjuk Kapolda," ungkapnya.

Di sisi lain, Dedi menambahkan bahwa tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo masih terus bekerja.

Dia memastikan mereka akan profesional mengusut kematian Brigadir J.

"Tim harus bekerja dengan komitmen bapak Kapolri. Tim harus bekerja secara profesional dengan pembuktian secara ilmiah ini merupakan suatu keharusan. Oleh karenanya, untuk menjaga indepensi tersebut, transparansi dan akuntabel," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas