Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jaksa Agung Wanti-wanti agar Seluruh Jaksa Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

Jaksa Agung ST Burhanuddin meminta seluruh jajarannya bersikap netral menjelang pelaksanaan pemilu serentak pada 2024.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Jaksa Agung Wanti-wanti agar Seluruh Jaksa Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024
istimewa
Jaksa Agung ST Burhanuddin. Jaksa Agung ST Burhanuddin meminta seluruh jajarannya bersikap netral menjelang pelaksanaan pemilu serentak pada 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Agung ST Burhanuddin meminta seluruh jajarannya bersikap netral menjelang pelaksanaan pemilu serentak pada 2024.

Menurut Jaksa Agung, netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) disebut menjadi isu krusial.

Demikian disampaikan oleh Burhanuddin dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 di Kejaksaan Agung RI, Jakarta Selatan pada Jumat (22/7/2022).

"Pengalaman sebelumnya menyongsong tahun politik sedikit banyak akan diwarnai dengan isu netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), tak terkecuali ASN Kejaksaan," kata Burhanuddin.

Baca juga: Bawaslu Minta Aturan Penanganan Netralitas ASN Diperjelas

Ia menyatakan bahwa pemilu memang masih akan berlangsung dua tahun lagi. Namun begitu, tensi politik disebut telah mulai meningkat terhitung sejak tahun ini

"Pesta demokrasi masih akan berlangsung sekitar dua tahun lagi, tetapi sejatinya suhu politik mulai terasa hangat sejak tahun ini," ujar Burhanuddin.

BERITA REKOMENDASI

Lebih lanjut, Burhanuddin menuturkan bahwa posisi ASN Kejaksaan juga tidak bisa lepas dari sorotan publik.

Pasalnya, jajarannya berpotensi mampu menggerakkan kepentingan sosial dan kepentingan politik yang berada di sekitarnya.

"Sikap netral sangat diperlukan demi terwujudnya atmosfer demokrasi dan penegakan hukum yang sejuk, kondusif, serta tidak berpihak dalam mewujudkan demokrasi yang sehat," ungkapnya.

Karena itu, Burhanuddin mengharapkan pesta demokrasi bisa berjalan dengan bersih tanpa adanya polarisasi politik di masyarakat.

"Mari bersama-sama rapatkan barisan dan memperkuat soliditas, agar tetap fokus dan bekerja secara profesional dalam menjaga mono loyalitas yang hanya ditujukan kepada bangsa dan negara," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas