Tribun

Presiden Jokowi akan Resmikan Sistem Pengelolaan Air Minum Wae Mese II di NTT

Hari kedua kunjungan kerja di NTT Jumat (22/7/2022), Jokowi bakal menuju lokasi Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Wae Mese II.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Presiden Jokowi akan Resmikan Sistem Pengelolaan Air Minum Wae Mese II di NTT
Istimewa
Presiden Jokowi meresmikan Penataan Kawasan Marina, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Kamis, (21/7/2022). Hari kedua kunjungan kerja Presiden Jokowi  ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat, (22/7/2022), Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo akan meninjau proyek pengembangan sarana hunian pendukung kawasan pariwisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo akan meninjau proyek pengembangan sarana hunian pendukung kawasan pariwisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Peninjauan proyek ini dilakukan pada hari kedua kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat, (22/7/2022).

Selepas itu, Presiden Jokowi akan menuju lokasi Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Wae Mese II untuk meninjau sekaligus meresmikannya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi akan menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Nurul Falah, Kabupaten Manggarai Barat.

Setelah salat jumat dan santap siang, Kepala Negara dan rombongan akan menuju ke Bandara Komodo Labuan Bajo untuk kemudian lepas landas menuju Jakarta.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan kerja kali ini antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Ada pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perluasan bandar udara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis, (21/7/2022).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perluasan bandar udara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis, (21/7/2022). (dok Sekretariat Presiden)

Jokowi Targetkan 1 Juta Wisatawan ke Labuan Bajo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan 1 juta wisatawan per tahun ke kawasan wisata Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

“Untuk target pertama, Labuan Bajo ini harus minimal 1 juta. Karena memang airportnya, kapasitasnya seperti itu tapi kalau nanti runawanya sudah diperpanjang, wide body bisa masuk naik lagi ke 1,5 juta,” kata Jokowi saat mengunjungi Pulau Rinca di Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Rabu, (21/7/2022).

Target wisatawan tersebut kata Presiden menjadi pekerjaan bersama, baik itu Kementerian Pariwisata, maupun pemerintah daerah. Karena itu, hal-hal kecil harus diperhatikan mulai dari kebersihan sampah hingga keramahan dalam menyambut wisatawan.

“Hal kecil-kecil tapi itu hati-hati, itu akan dilihat oleh turis, oleh wisatawan nusantara dia kembali atau tidak karena itu, salah satunya karena hal-hal seperti itu. Keramahan kita dalam melayani wisatawan itu juga sangat penting,” tuturnya.

Jokowi mengatakan penataan kawasan Labuan Bajo sudah dilakukan 2 tahun dengan biaya yang tidak sedikit.

Mulai dari penataan Pulau Rinca, penataan pelabuhan,  pembangunan infrastruktur jalan dan bandara. Semua itu kata Presiden harus dihitung dan harus ada efeknya.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Penataan Kawasan Marina Labuan Bajo

Presiden mengatakan, dua tahun waktu yang dibutuhkan untuk menata ulang Labuan Bajo dan menghabiskan anggaran yang tidak sedikit.

Antara lain mencakup penataan Pulau Rinca dan penataan di pelabuhan lama di

"Saya kira semuanya itu harus dihitung dan harus ada returnnya,” pungkasnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas