Tribun

Bertemu Jusuf Kalla, Ketum PSMTI Pusat Wilianto Tanta Siap Kerja Sama Sosial Donor Darah Dengan PMI

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta menyatakan siap menjalin kerja sama dalam gerakan sosial donor darah dengan PMI

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Bertemu Jusuf Kalla, Ketum PSMTI Pusat Wilianto Tanta Siap Kerja Sama Sosial Donor Darah Dengan PMI
Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta melakukan kunjungan ke kediaman Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla di Jakarta, Selasa (26/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta menyatakan siap menjalin kerja sama dalam gerakan sosial donor darah dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Hal tersebut ia sampaikan usai melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) di kediaman JK, Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Wilianto Tanta mengatakan, JK mendorong agar segera dibuatnya nota kesepakatan antara PSMTI dan PMI agar kegiatan sosial tersebut berjalan dengan lancar.

Rencananya MoU akan diteken pada bulan Agustus ini.

"Beliau tadi mendorong agar segera buat MoU, agar semua berjalan lancar. Rencananya agustus ini," ujarnya saat ditemui di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan.

Wilianto Tanta mengatakan PSMTI merupakan paguyuban yang pada dasarnya melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia ini juga tersebar di daerah - daerah, tepatnya di 31 provinsi dan 300 kabupaten/kota.

"Jadi kita di paguyuban ini bukan hanya donor darah, tapi termasuk kegiatan sosial saat bencana, vaksinasi. Jadi itu dana dari anggota dan CSR," kata Wilianto.

"Kita ada di 31 provinsi sekarang, di 300 kabupaten/kota," lanjutnya.

Dulunya PSMTI melakukan gerakan sosial donor darah setahun sekali, yakni saat bulan Ramadan, untuk memenuhi stok darah nasional di saat umat muslim berpuasa.

Namun pada tahun ini, PSMTI berencana untuk melakukan kegiatan donor darah 2 kali.

Donor darah kedua rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 17 September, bertepatan dengan hari ulang tahun PMI yang berdekatan dengan hari ulang tahun PSMTI.

Baca juga: Jusuf Kalla Beri Amanat Khusus untuk Ketua PSMTI Pusat Wilianto Tanta 

"Rencana tanggal 17 September, saat ulang tahunnya PMI yang berdekatan dengan ulang tahun PSMTI. Kita 28 September, PMI 17 September. Sehingga kita mau bikin gerakan nasional pada tanggal 17 nanti," ujarnya.

Namun, sesuai saran Ketum PMI Jusuf Kalla, kegiatan donor darah PSMTI kedepannya akan dilakukan secara rutin dan tidak serentak, sebab masa kadaluarsa darah yang hanya 1 bulan.

"Pak JK menyampaikan, kalau bisa (donor darah) jangan satu tahun sekali. Kalau bisa rutin. Karena stok darah dibutuhkan banyak. Tapi juga jangan serentak, karena kalau darah over itu juga bisa rusak, expired," ujarnya.

Kedepannya PMI dan PSMTI akan melakukan kerja sama dalam hal kebencanaan, termasuk pelatihan pertolongan pertama saat terjadi bencana.

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta melakukan kunjungan ke kediaman Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla di Jakarta, Selasa (26/7/2022).
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta melakukan kunjungan ke kediaman Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla di Jakarta, Selasa (26/7/2022). (Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami)
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas