Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapan Irjen Ferdy Sambo Dimintai Keterangan? Komnas HAM: Termasuk Bu Putri

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara mengatakan pemeriksaan terhadap Irjen Ferdy Sambo akan dilakukan termasuk jadwal untuk Putri Candrawathi

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Sri Juliati
zoom-in Kapan Irjen Ferdy Sambo Dimintai Keterangan? Komnas HAM: Termasuk Bu Putri
ISTIMEWA/TribunJambi.com Aryo Tondang
Brigadir J bersama Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo (kiri) dan foto pemakaman Brigadir J di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi (kanan). Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara mengatakan pemeriksaan terhadap Irjen Ferdy Sambo akan dilakukan termasuk jadwal untuk Putri Candrawathi 

TRIBUNNEWS.COM - Kadiv Propam non aktif, Irjen ferdy Sambo, bakal dimintai keterangan atas kasus tewasnya Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Pemeriksaan akan digelar Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk menyelidiki dugaan pelanggaran HAM dalam insiden penembakan di rumah Irjen Ferdy Sambo itu.

Saat ini, Komnas HAM tengah mengatur jadwal pemanggilan kepada Irjen Ferdy Sambo, termasuk juga kepada istrinya, Putri Candrawathi.

Hal itu diungkap oleh Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, seperti disiarkan Kompas TV dalam program Satu Meja The Forum, Rabu (27/7/2022) malam. 

"Kami sudah jadwalkan, tapi tentu saja kami harus mencocokkan baik jadwalnya Komnas dengan ketersediaan Irjen Ferdy Sambo," jelasnya.

Menjawab pertanyaan pembawa acara, Beka merinci alasannya harus mencocokkan waktu dan ketersediaan Ferdy Sambo. 

Baca juga: POPULER Nasional: Jenazah Brigadir J Diformalin | Profil Dokter Ade Firmansyah

"Artinya kan komitmen dari Kepolisian sudah ada di kami, sudah disampaikan ke Komnas HAM bahwa akan terbuka, akses dibuka seluas-luasnya."

BERITA TERKAIT

"Begitu kami sudah siap dengan bahan untuk mengonfirmasi Irjen Ferdy Sambo, kami akan menjadwalkan," ucapnya.

Dirinya kembali menegaskan, pemeriksaan pasti terjadi termasuk juga untuk meminta keterangan Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.

Beka Ulung Hapsara, mengatakan Irjen ferdy Sambo akan dimintai keterangan
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung, mengatakan Irjen ferdy Sambo akan dimintai keterangan untuk menyelidiki kasus penembakan Brigadir J

"Pemeriksaan pasti akan terjadi, tuggu waktu saja. Termasuk dengan Bu Putri," terang Beka.

Empat Temuan Komnas HAM

Empat temuan Komisi Nasional Hak Asasi dan Manusia (Komnas HAM) terkait kasus penembakan di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo yang menewaskan Brigadir J, Jumat (8/7/2022).

Dalam konferensi pers yang digelar Rabu (27/7/2022), Komnas HAM membeberkan pihaknya telah melihat 20 video yang berisikan momen perjalanan rombongan Irjen Ferdy Sambo dari Magelang, Jawa Tengah sampai pulang ke kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Tak hanya itu, Komnas HAM juga mendapatkan keterangan dari sejumlah pihak soal kegiatan Brigadir J beberapa saat sebelum tewas ditembak.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas