Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemkab Jayapura Gelar Pre-Event Festival Danau Sentani di Hotel Sultan Besok

Pemerintah Kabupaten Jayapura menyelenggarakan acara Pre-event Festival Danau Sentani 2022 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Jumat (12/8/2022) besok.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Pemkab Jayapura Gelar Pre-Event Festival Danau Sentani di Hotel Sultan Besok
Tribunnews/Jeprima
Pemandangan Bukit Teletubbies yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (7/10/2021). Bukit Teletubbies menawarkan keindahan Danau Sentani dan alam di sekitar bukit, Untuk sampai ke sana dari Bandara Sentani memakan waktu sekitar 20 menit sedangkan kalau dari Kota Jayapura membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Jayapura menyelenggarakan acara Pre-event Festival Danau Sentani 2022 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Jumat (12/8/2022) besok.

Gelaran itu dalam rangka menyambut Festival Danau Sentani 2022.

Adapun acara Pre-event Sentani ini bertajuk ‘Papua Intimate Dinner’.

“Papua Intimate Dinner ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Jayapura yaitu Danau Sentani agar dapat meningkatkan jumlah turis lokal maupun internasional untuk menghadiri Festival Danau Sentani 2022,” kata Bupati Jayapura Matius Awoitauw, Kamis (11/8/2022).

“Serta untuk mempromosikan keunikan budaya Kabupaten Jayapura serta produk-produk UMKM Papua,” lanjut dia.

Baca juga: Papua Rumah Doa Segala Bangsa Berdiri di Sentani, Simbol Kerukunan Antar Umat Beragama

Matius menjelaskan acara ini dikemas dalam bentuk drama musikal yang mengangkat kebudayaan masyarakat di sekitar Danau Sentani.

BERITA TERKAIT

Drama musikal ini dibawakan artis-artis Papua yaitu Nogei (Stephen Wally & Michael Jakarimilena), Putri Nere, Lala Suwages, Nobo Sasamu, Boii Adalah, serta para penari dari Kasbi Dance.

Pemandangan Bukit Teletubbies yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (7/10/2021). Bukit Teletubbies menawarkan keindahan Danau Sentani dan alam di sekitar bukit, Untuk sampai ke sana dari Bandara Sentani memakan waktu sekitar 20 menit sedangkan kalau dari Kota Jayapura membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit. Tribunnews/Jeprima
Pemandangan Bukit Teletubbies yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (7/10/2021). Bukit Teletubbies menawarkan keindahan Danau Sentani dan alam di sekitar bukit, Untuk sampai ke sana dari Bandara Sentani memakan waktu sekitar 20 menit sedangkan kalau dari Kota Jayapura membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Selain itu, acara ini akan dihadiri sekitar 250 tamu undangan dari berbagai kalangan baik pemerintahan, swasta, NGO, kaum muda, serta aktivis kebudayaan.

“Turut hadir pula dalam acara ini perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia,” ucap Matius.

Baca juga: Bupati Jayapura Mathius Awoitauw Temui Sandiaga, Bahas Festival Danau Sentani dan Kongres AMAN 2022

Adapun Festival Danau Sentani adalah festival pariwisata tahunan yang diadakan di sekitar Danau Sentani yang terletak di Kabupaten Jayapura, Papua.

Festival ini diselenggarakan sejak tahun 2007 dan telah menjadi festival tahunan serta masuk dalam kalender pariwisata utama Kabupaten Jayapura.

Pelaksanaan Festival Danau Sentani ialah pada pertengahan tahun selama lima hari berturut-turut dan diisi dengan tarian-tarian adat diatas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, serta sajian berbagai kuliner khas Papua.

Baca juga: Forum Group Discussion Lanud Silas Papare dengan Sintelau dan Stakeholder Bandara Sentani

Namun, sejak pandemi Covid-19, Festival Danau Sentani ditiadakan selama dua tahun (2020- 2021) untuk menjaga penularan kasus Covid-19.

Pada tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Jayapura hendak mengadakan Kembali Festival Danau Sentani yang direncanakan jatuh pada bulan Oktober 2022 bersamaan dengan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI dan HUT Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura ke-IX pada 24 Oktober 2022.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas