Tribun

Siapa Sosok Menpan RB yang Gantikan Tjahjo Kumolo Hingga Kini Masih Misteri

Presiden menegaskan hal tersebut usai bertemu pimpinan lembaga tinggi negara di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, (12/8/2022).

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Siapa Sosok Menpan RB yang Gantikan Tjahjo Kumolo Hingga Kini Masih Misteri
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reforrmasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga kini belum memutuskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) pengganti almarhum Tjahjo Kumolo.

Presiden menegaskan hal tersebut usai bertemu pimpinan lembaga tinggi negara di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, (12/8/2022).

“Belum” kata Presiden singkat.

Terkait calon kuat Menpan RB, Jokowi berseloroh telah mengantongi banyak nama.

“Oh kantong sudah penuh,” pungkas Presiden.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi sejumlah nama calon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Saat ini Menpan-RB masih dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) yakni Menteri Koordinator Polhukam Mahfud MD.

“Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Tapi nanti akan dibahas presiden dengan ibu Megawati (Ketum PDIP),” kata Pramono usai sidang kabinet di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Dalam menentukan Menpan-RB definitif, Presiden, kata Pramono mendapatkan masukan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pasalnya kursi Menpan RB merupakan alokasi untuk PDIP.

Baca juga: PKS Nilai Kekosongan Kursi Menpan RB Sudah Terlalu Lama

“Jadi untuk pengganti pak Tjahjo, tentunya ini keputusan bersama antara bapak presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDIP Perjuangan dari bu Megawati karena memang yang digantikan itu juga kader PDIP perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan,” katanya.

Pembahasan nama calon Menpan RB tersebut kata Pramono akan dilakukan dalam waktu dekat. Megawati telah kembali ke tanah air usai menghadiri wisuda cucunya.

“Sehingga waktunya mungkin dalam waktu dekat ini akan segera dibahas. Tapi nama-namanya sudah ada,” katanya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas